KETIKA KULIT MULAI “MENGELUH”

kulit-mengeluhPernah mengalami beberapa masalah seperti kulit kering, gatal, atau timbul jerawat setelah menggunakan produk kecantikan? Bisa jadi ini adalah salah satu bentuk komunikasi dari kulit Anda. Simak penjelasan di bawah ini untuk memahami kondisi kulit Anda.

Kategori ‘Iritasi Aman’

Iritasi adalah proses yang mau tidak mau dilalui saat mencoba suatu produk. “Ini adalah proses adaptasi untuk mengetahui apakah produk tersebut baik untuk kulit. Biasanya pada tahap ini kulit menjadi lebih kering dan kemerahan akibat zat yang terkandung bereaksi dengan kulit dan mengalami proses peremajaan atau rejuvenate,” ungkap dr. Amanda.

Jika iritasi yang terjadi tidak berlebihan, ini proses yang normal dan aman saja. Namun, jika reaksi kulit menjadi sangat mengganggu, segera berikan pelembap atau krim antiradang berupa krim kortikosteroid.

Jika iritasi berbentuk jerawat, ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. “Bentuk iritasi sangat bervariasi, tergantung dari jenis zat, komposisi, dan seberapa lama kandungan produk melakukan kontak dengan kulit. Jika dibiarkan, dapat berlanjut menjadi lepuh bahkan bopeng,” jelas dr. Amanda lagi.
Proses selanjutnya dinamakan desensitisasi di mana kulit sudah terbiasa dengan produk dan mulai terlihat hasilnya.

Tags :
Konfirmasi Donasi