KHASIAT BUAH BELIMBING BAGI KESEHATAN

khasiat-dan-manfaat-buah-belimbing-manisBelimbing adalah salah satu buah yang memiliki bentuk fisik yang unik. Bentuknya seperti bintang dan warna kulit kuning kehijauan (jika matang), buah ini mengandung cukup banyak air. Belimbing dapat ditemukan di Indonesia, India dan Srilangka. Dunia Internasioal mengenalnya sebagai Star Fruit, karena bentuknya seperti bintang saat diiris.

Biasaya, belimbing dimakan langsung dengan cara dipotong-potong tanpa dikupas. Rasanya yang manis asam menyegarkan tenggorokan apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya. Ada pula yang mengolahnya sebagai rujak dan jus. Rasanya yang segar menggugah selera orang yang memakannya.

Bukan hanya sebagai pelepas dahaga saja, buah belimbing memiliki khasiat yang cukup banyak. Kandungan nutrisinya juga terbilang lengkap. Belimbing mengandung banyak vitamin C memiliki manfaat sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik. Selain itu, belimbing juga mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin B6, vitamin E, kalsium, potasium dan zat besi. Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat buah belimbing adalah sebagai berikut:

1. Mengobati Jerawat
Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam buah belimbing bermanfaat untuk mengenyahkan jerawat di wajah Anda. Caranya adal dengn memarut buah belimbing secukupnya, kemudian oleskan ke wajah. Diamkan sebentar lalu cuci wajah dengan air bersih. Anda juga bisa mengonsumsi belimbing untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak keindahan kulit dan mencegah kanker.

2. Obat Batuk dan Sariawan
Mengonsumsi belimbing dapat mengobati sakit batuk dan sakit ternggorokan. Selain itu, tingginya kadar vitamin C membuat belimbing ampuh untuk mengobati sariawan yang muncul di sekitar mulit dan bibir Anda.

3. Mencegah Penyakit antung dan Stroke
Kandungan nutrisi dalam buah belimbing dapat mencegah penyakit serius seperti jantung dan stroke. Masukkan belimbing sebagai pelengkap menu harian Anda agar kesehatan jantung Anda terawat dengan baik.

4. Pencegah Rambut Rontok
Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai pecegah rambut rontok. Kandungan vitamin C-ya yang tinggi menjadi pelindung dan penunjang kekuatan rambut sehingga tidak mudah rontok.

5. Tinggi Serat untuk Pencernaan yang Sehat
Seperti buah-buahan pada umumnya, belimbing memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik sekali untuk kesehatan pencernaan Anda.

6. Untuk Mengurangi Berat Badan
Mengosumsi buah belimbing bermanfaat untuk megurangi berat badan Anda. Hal ini karena kandungan kalorinya yang rendah dan seratnya yang tinggi membuat Anda tidak gampang lapar dan asupan kalori juga terkontrol dengan baik.

Itulah manfaat dari mengonsumsi buah belimbing. Semoga Anda dapat memetik khasiat buah belimbing bagi kesehatan tubuh dengan mengonsumsinya setiap hari. Selamat makan buah belimbing!

Sumber: fimadani.com

Tags :
Konfirmasi Donasi