KHASIAT BUAH DUKU UNTUK KESEHATAN

medium_88khasiat-buah-duku-untuk-kesehatan-dan-kecantikanTentu kita semua mengenal buah kecil yang manis dengan getah di kulitnya yang saat ini banyak ditemukan sepanjang jalan, bukan? Ya, buah duku. Ternyata buah duku tidak hanya membuat ketagihan karena daging buahnya yang lezat, tapi juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan lho.

Apa sajakah khasiat yang dimaksud? Berikut 9 di antaranya:

1. Memperlancar sistem pencernaan

Buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

2. Sebagai Obat Cacingan, menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare.

Caranya cukup mudah, ambil biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu diminum satu kali sehari, sekali minum seperempat gelas.

3. Menguatkan gigi

Karena buah duku mengandung fosfor yang baik untuk gigi.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Buah duku mengandung banyak sekali vitamin D yang sangat bermanfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan gusi, bagian dalam mulut ini memang rawan terkena berbagai macam masalah seperti gusi berdarah, sariwan dan iritasi.

5. Menjaga Kadar Kolesterol

Buah duku mengandung banyak sekali vitamin C, vitamin ini berguna bagi tubuh salah satunya untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai masalah bagi tubuh.

6. Mencegah Anemia

Kadar zat besi di dalam buah duku secara efektif dapat meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh dan dapat memperlancar suplai darah, selain itu juga dapat mengikt oksigen dengan mudah, kita bisa tetap sehat dan terhindar dari berbagai gejala anemia seperti lemas, lesu, dan letih.

7. Menurunkan berat badan

Kandungan di dalam buah duku bisa mengaktifkan senyawa carnitine yang berperan di dalam pembakaran lemak tubuh, dengan metabolisme lemak yang lancar sangat efektif untuk menurunkan berat badan, diet akan menjadi lebih mudah.

8. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dalam buah duku merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan bahaya radikal bebas, dan juga efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti gari halus pada wajah dan juga flek hitam.

9. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin E dalam buah duku dapat menjaga elastisitas kulit anda dan juga melindunginya dari pengaruh buruk sinar matahari, kelembapan juga akan tetap terjaga, kulit menjadi sehat dan cerah.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi