KIAT MENEMBUS LEMBAGA DONOR INTERNASIONAL

Begitu besar peluang kerjasama luar negeri yang bisa dimanfaatkan setiap LSM. Tapi tentu tidak mungkin setiap LSM bisa masuk dan menjaring potensi donasi-donasi tersebut. Perlu reputasi, perlu kecerdasan menembus jaringan sehingga kita bisa dikenal dalam pergaulan Internasional.

Tentang hal ini, mungkin menarik jika kita bisa belajar dari kiprah YASMINA. Berdiri sejak tahun 1996, LSM dengan tim full para ibu ini aktif bergerak mengusung tema-tema pemberdayaan komunitas dan pembinaan keluarga. Kolaborasi mereka pun telah merambah ke mitra mancanegara. Sebut saja United Nation (PBB)-World Food Program, Mercy Corps, Plan Indonesia,US Aid-Local Government Support Program disamping bersama beberapa NGO lokal dan pemerintah lokal khususnya Dinas Kesehatan.

Dalam kesempatan menyampaikan sessi success story dalam acara Training for Trainers FUND RAISING dengan tema ?Optimalisasi Dana Dalam dan Luar Negeri?, Sabtu (4/2) di Divlat Telkom Training Centre, Bandung, Ir. Luluk Setianingsih menyampaikan resep dan kiat lembaganya berhasil menembus lembaga donor luar negeri.

Ibu 3 anak ini dengan sangat semangat mendorong setiap peserta mengevaluasi kembali manajemen organisasi LSM-nya. Ada beberapa prasyarat yang harus disiapkan oleh setiap LSM atau NGO (Non Government Organization).

1. Definite Management

Pastikan struktur organisasinya jelas dan pengurusnya tidak berganti-ganti

2. Definite Place

Lokasi yang menjadi kantor atau sekretariat harus jelas dan menetap. Pihak internasional tidak terlalu mempertimbangkan lokasi, keindahan dan kemewahan kantor. Hal paling penting adalah justru kantor/sekretariat tersebut memang nyata dipakai sebagai tempat kegiatan dan tidak fiktif.

3. Definite Goal

Tujuan dan misi organisasi harus jelas

4. Definite Legality

Mempunyai aturan yang jelas dan telah terdaftar secara formal. Minimal legalitas yang harus dipenuhi adalah akta notaris dan NPWP.

Lalu bagaimana sih menembus lembaga donor secara umum? Ibu Luluk menyampaikan bahwa lembaga donor biasanya hanya akan memberikan bantuan atau menjadikan kita sebagai mitra apabila ada unsur : KEPERCAYAAN. Sehingga…

1. Jadikan lembaga anda sebagai lembaga yang kredibel dimata donatur
Memiliki legalitas (Akte Notaris, NPWP), activity record, company profile yang meyakinkan, struktur yang solid, SDM yang meyakinkan

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang :

-Lembaga donor : nama, alamat lengkap

-Instansi/Departemen/Dinas yang memiliki program pemberdayaan masyarakat

-Untuk dalam negeri, biasakan selalu meng up date jadwal rencana kerja Pemerintah maupun anggota dewan. LSM kita perlu menyesuaikan dengan periode anggaran dan program apa saja yang dirancang mereka sehingga lembaga/organisasi kita bisa masuk menjadi rekanan kerja.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan jika kita telah dikenal dalam jaringan NGO yang amanah dan profesional. Siapkah LSM Anda berubah?

3ha

Tags :
Konfirmasi Donasi