KOCOK SUSU KEMASAN SEBELUM DIMINUM

Anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Marudut, mengatakan, susu dalam kemasan sebaiknya dikocok terlebih dahulu sebelum diminum. Sebab, ada protein yang mengendap di bagian bawah.

Marudut mengatakan, kalau tidak dikocok maka sebagian besar yang akan diminum adalah protein whey. Sebab, protein casein ada di bagian bawah. “Padahal, yang diperlukan dalam pertumbuhan adalah casein,” kata Marudut dalam sebuah lokakarya media di Jakarta, Kamis (3/5) pekan lalu.

Marudut mengatakan, susu merupakan elemen pendukung pertumbuhan karena mengandung kalsium, fosfor, vitamin, dan protein, yaitu casein dan whey. Masalahnya, Marudut menilai, selama ini banyak yang salah kaprah dalam memandang protein yang ada pada susu karena disamakan dengan bahan makanan lain.

“Mutu protein dalam pangan tidak sama. Protein dengan mutu terbaik adalah susu dan telur. Protein susu dan telur tidak memiliki batas karena merupakan protein sempurna dengan skor asam amino 100,” tuturnya.

Ia mengatakan, protein berfungsi menyediakan asam amino untuk membangun matriks tulang. Protein juga berfungsi menstimulasi hormon osteotropik Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1) yang dampaknya pada formasi tulang.

Marudut menjadi salah satu narasumber dalam lokakarya media “Frisian Flag Indonesia Milkversation” yang diadakan Frisian Flag Indonesia di Jakarta. Selain Marudut, narasumber lainnya adalah sejarawan kuliner Universitas Padjadjaran Fadly Rahman dan Kepala Divisi Teknologi Hasil Ternak Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Institut Pertanian Bogor Epi Taufik.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi