[:ID]KOPERASI MEKAR BERDAYA SEJAHTERA BERGERAK UNTUK PENANGANAN DAMPAK CORONA[:]

[:ID]

Koperasi Desa Mekarjaya mengadakan rapat bulanan sebagai persiapan menghadapi dampak corona, Senin 30 Maret 2020. (Foto: Rumah Zakat)

PANDEGLANG, Rumah Zakat – Senin 30 Maret 2020 para pengurus koperasi Mekar berdaya sejahtera yang beralamat di Kampung Sarakole 01/02 Desa Mekarjaya Kecamatan Mekarjaya Kabupaten Pandeglang mengadakan rapat dadakan dalam rangka penanganan dampak pandemic Covid-19 khususnya untuk anggota koperasi.

Rapat yang biasanya berlangsung setiap bulan ditanggal 10, kini dimajukan karena melihat kondisi yang tidak kondusif dan harus segera melakukan gerak cepat seandainya karantina wilayah di kabupaten Pandeglang diberlakukan.

Rapat berlangsung selama dua jam, dan memutuskan beberapa hal yang akan dilakukan oleh Koperasi Mekar Berdaya Sejahtera. Beberapa hal tersebut diantaranya akan memberikan paket sembako untuk seluruh anggota lama maupun baru bergabung. Adapun paket yang diberikan berupa beras, telur, minyak dan terigu.

(Foto: Rumah Zakat)

Kedua, memberikan pinjaman qardhul Hasan atau pinjaman tanpa bunga 0% untuk seluruh anggota koperasi dimana pinjaman ini hanya boleh digunakan untuk menambah kebutuhan pokok, jika paket semua yang diberikan masih kurang dan syaratnya pembelian sembako harus dilaksanakan di toko sembako milik koperasi.

ketiga, memberikan 100 voucher internet gratis untuk seluruh pelajar dan guru yang ada disekitar koperasi atau di Desa Mekarjaya, karena koperasi memiliki 2 unit usaha yang bergerak dipenjualan jasa internet. Maka akan ada 200 voucher yang akan dibagikan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran baik pelajar ataupun guru yang melakukan KBM online.

Jum Jumaedi selaku Ketua Koperasi Desa Mekarjaya mengatakan cara yang dilakukan ini adalah sebagai wujud kepedulian koperasi kepada masyarakat.

“Dengan memiliki 6 unit usaha koperasi kita berharap cara ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kita (koperasi_red) kepada anggota koperasi, untuk 2 bulan kedepan koperasi tidak akan mengambil keuntungan yang nanti akan dibagikan diakhir tahun tetapi selama 2 bulan ini hasil dari 6 unit usaha akan kita fokuskan mendampingi kebutuhan anggota koperasi,” Ungkap pak Jum Jumaedi selaku Ketua Koperasi.

Relawan Rumah Zakat merasa senang dengan langkah cepat yang diambil koperasi sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Saya sangat senang melihat gerak para pengurus koperasi yang begitu peduli terhadap anggotanya tentu para pengurus ini merupakan asset terdepan untuk keberlangsungan program pemberdayaan di desa,” Ujar Aep Muflih.

Newsroom

Aep/Amri Rusdiana

 [:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia