KUASAI JALAN HIDUP ANDA

Hidup tidak selamanya indah, kadang terasa manis dan kadang terasa pahit. Terkadang berada di bawah, terkadang pula di atas. Perputaran bumi mengelilingi matahari mempengaruhi isi alam jagat raya ini, pergantian siang dan malam, musim hujan dan kemarau menandakan bahwa selalu terjadi perubahan dalam hidup ini.

Perubahan-perubahan yang sudah terjadi maupun gejala-gejala perubahan yang ada tersebut seharusnya disikapi dengan benar jika Anda tidak ingin tergilas oleh perubahan itu sendiri. Di dunia ini tidak ada yang kekal atau tidak berubah. Semuanya berubah menuju suatu keseimbangan dan terus menaati hukum alam. Justru perubahan itulah yang abadi. Bahkan perubahan itu, sudah terjadi sejak kita belum lahir ke dunia ini.

Mari kita perhatikan proses kelahiran manusia mulai dari pembuahan sel sperma, kemudian berkembang menjadi janin dan selanjutnya lahir ke dunia sampai dewasa hingga akhirnya meninggal dunia. Kita telah mengalami banyak sekali perubahan baik yang terjadi pada fisik, cara berpikir, maupun lingkungan hidup yang menyertai kita. Oleh karena itu, tidak sepatutnya bila kita meresa ‘nyaman’ dan berusaha mempertahankan status quo, tidak mau berubah! Tidak mau belajar!

Untuk mengawali adanya perubahan dalam hidup ini, mulailah dengan bersikap terbuka terhadap perubahan di sekitar. Amati dan analisis dampak setiap perubahan yang ada terutama terhadap kehidupan Anda. Dengan sikap seperti itu, Anda menjadi terbiasa terhadap perubahan dan menjadi adaptable (mudah beradaptasi).

Perubahan hidup menuju suatu visi yang profesional merupakan suatu sikap mental yang perlu dilatih dan tidak dapat ujug-ujug (Jawa = seketika) datang pada Anda. Meski demikian, untuk mengubah mind set (pola pikir) yang kerdil menjadi sebuah pemikiran profesional, yang selalu mengedepankan positif thinking dalam setiap permasalahan, menjadi leader dalam menata hidupnya bukanlah pekerjaan mustahil, walau dalam prosesnya dibutuhkan waktu, kemauan keras, dan disiplin. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk memulai belajar menumbuhkan kesadaran dengan alasan-alasan yang kuat untuk berubah. Ada baiknya Anda menyadari bahwa tuntutan untuk menjadi lebih baik (berubah) itu bukan hanya dari dalam diri Anda sendiri (karena kebutuhan internal), tetapi juga faktor eksternal – adanya tuntutan perubahan yang semakin kencang.

Ada beberapa hal penting yang bisa kita jadikan amunisi dalam bergerak menuju suatu perubahan besar dalam hidup, mentransformasikan pemikiran yang kerdil menuju suatu pemikiran dahsyat yang akan mempengaruhi hidup ini.

KREATIF

Ibarat sebuah perjalanan, kita melakoni hidup ini dengan selalu berusaha mencari jalan yang lurus-lurus saja alias aman-aman saja, jalan yang biasa dilalui orang banyak. Akibatnya kita menjadi tidak tahu kalau di luar ada alternatif jalan yang pemandangannya lebih bagus, lebih mulus, bahkan bisa mengantarkan kita lebih cepat sampai tujuan. Kita juga sering tidak peduli apakah jalan yang selama ini kita lalui sudah penuh sesak dengan kendaraan dan lalu lalang manusia sehingga membuat perjalanan menjadi lambat dan gerah, bahkan macet.

Begitulah sedikit gambaran kehidupan ini. Silakan Anda bercermin, memikirkan atau mengevaluasi bahwa jalan hidup yang selama ini Anda lalui merupakan jalan terbaik yang mampu mengantarkan Anda lebih cepat sampai tujuan? Jangan-jangan, selama ini kita hanya mengikuti arus perjalanan dari kebanyakan orang yang sama-sama tidak mengetahui kondisi jalan di depan sana, yang ternyata sudah macet. Oleh karena itulah saat ini merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk bercermin, merenungkan kembali jalan yang Anda tempuh.

Tak peduli berapapun langkah yang telah Anda lalui dalam hidup ini, sekarang saatnya Anda membelokkan arah ‘kemudi’ untuk mencari jalan yang lebih baik dan penuh petualangan. Jalan yang akan memberikan pemandangan indah dalam hidup. Jalan itu tidak lain yaitu dengan merubah metode hidup ini menjadi pribadi unggul yang bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri ataupun untuk orang lain. Untuk membelokkan arah ‘kemudi’ tersebut dibutuhkan kemauan dan keteguhan hati. Bila Anda sudah mau dan yakin akan istiqomah, sedikit demi sedikit Anda akan menemukan hal-hal baru dan realita baru dalam hidup ini. Selamat menikmati!

Agar anda mampu membelokkan ‘kemudi’ dalam hidup ini, tentukan dulu visi, misi, dan tujuan hidup Anda pada 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan seterusnya. Akan menjadi apa atau akan menjadi siapa Anda pada tahun-tahun tersebut. Gambarkan dengan jelas serta siapkan langkah-langkahnya. Ketahui pula hal-hal yang dapat dijadikan motor atau kompor dalam mendorong perubahan hidup Anda.

ADAPTABILITY

Perubahan jaman yang terus berkembang, arus teknologi yang berlari dengan cepat, rupanya mengharuskan kita untuk bisa menyesuaikan langkah agar tidak terlindas jaman dan terlindas teknologi. Adaptability (mampu beradaptasi) adalah suatu sikap yang akan mengantarkan kita pada suatu keseimbangan yang menjadi warna dalam hidup ini. Mampu memanfaatkan segala situasi juga merupakan sikap adaptability yang bisa menempatkan diri kita di segala warna.

Ketika teknologi mulai menguasai warna hidup, maka sudah sepatutnya kita sebagai jiwa profesional pun harus menguasai teknologi. Jangan sampai kita dibuat seperti orang bodoh yang tidak bermanfaat hanya karena kita Gagap Teknologi.

Tapi saudaraku, mampu beradaptasi tidak selamanya harus mengikuti fenomena yang terjadi, kita bisa menggunakan agama sebagai filter dalam melangkah. Memilih yang baik dan membuang yang buruk merupakan salah satu cermin dari pribadi profesional.

KONSISTENSI

Setiap langkah yang kita tapakkan, setiap keputusan yang kita pikirkan, tentu akan ada konsekuensinya. Seberapa besar konsekuensi tersebut tergantung seberapa besar konsistensi yang kita tanamkan.

Setiap manusia pasti mempunyai keinginan, dan seberapa besar keinginan tersebut akan tercapai,tergantung konsistensi yang dia tanamkan. Punya cita dan harapan tanpa ada usaha, maka akan sia-sia. Ada usaha tanpa ada upaya istiqomah, juga akan sia-sia.

Saudaraku…Mulai sekarang mari kita tanamkan jiwa istiqomah dalam setiap langkah demi tercapainya suatu cita.

E N E R G Y

Wahai jiwa yang merasa muda…

Wahai jiwa yang merasa kuat…

Wahai jiwa yang mendambakan kemenangan…

Sudah saatnya untuk mengerahkan tenaga, sudah saatnya kita bangkit…

Wahai yang masih asyik dengan selimutmu…Bangun!!!
Waktu telah meninggalkanmu, masa siap melindasmu…
Gunakan tenagamu untuk berkarya.
Jadikan tenagamu sebagai alat manfaat bagi dirimu dan saudaramu…

Mari kita BERUBAH !!!

Salam Perubahan

Bisa…Bisa…Bisa…Harus Bisa#

Edy Aryanto, Cabang Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi