KUATKAN SKILL SOCIAL MAPPING, RZ PEKANBARU GELAR DIKSAR RELAWAN KE-2

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. RZ Pekanbaru melaksanakan salah satu jenjang pengkaderan di relawan yakni pendidikan dasar relawan (Diksar) relawan ke-2 kepada relawan muda dengan melaksanakan kegiatan sosial mapping di Kecamatan Rumbai Pesisir, 16-28 Maret 2015.

Kegiatan Diksar 2 ini di awali dengan pembekalan/bimbingan teknis oleh Syahrir Afandi salah satu Pembina ICD MDI RZ, Sabtu (14/02) pagi di Rumah Bersalin Gratis Rumah Zakat jalan Nenas.

Pembekalan ini dihadiri 17 relawan muda RZ Pekanbaru dan berlangsung hingga siang hari. Kegiatan ini bertujuan agar relawan siap dalam melaksanakan sosial mapping di lapangan nanti dan tergambar hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum turun dan apa saja yang akan kita dapatkan dilapangan ketika melaksanakan sosial mapping, papar Ari selaku Koordinator Relawan cabang Pekanbaru.

Kegiatan Sosial mapping ini selain sebagai sarana latihan relawan dalam memetakan sosial masyarakat suatu daerah agar dapat menyalurkan program atau bantuan tepat sasaran juga sebagai sarana latihan komunikasi relawan muda kepada masyarakat, ujar Ari.

Dalam penyampaian materi, Bapak Syahrir Afandi menjelaskan kegiatan sosial mapping yang akan dilakukan, serta tujuan pelaksanaan sosial mapping itu sendiri. Selain itu juga dipaparkan tahapan-tahapan dari pelaksanaan sosial mapping di awali survey awal, penghimpunan data ke lapangan, pengolahan data hingga tahap pelaporan. Serta juga dipaparkan bagaimana pelaksanaan forum group discussion (FGD) dalam tahap pemuthakiran data.

Dalam tahap survey awal, akan dipetakan lokasi-lokasi tempat yang akan dituju, serta dipaparkan juga pihak-pihak yang perlu kita jumpai saat pelaksanaan sosial mapping dimuali dari lurah, hingga ketua RW, ketua RT, PKK, puskesmas dan ketua Karang taruna.

Kegiatan pembekalan ini diakhiri dengan pembagian tim yang akan diturunkan ke masing-masing kelurahan di Kecamatan Rumbai Pesisir oleh koordinator Relawan RZ Al Razi Izzatul Yazid, serta pembagian perlengkapan form pendataan. Adapun jumlah relawan yang akan diturunkan sebanyak 19 orang dan dibagi kedalam 6 tim yang akan turun ke masing-masing kelurahan untuk mencari 10 macam data yang akan dikumpulkan dan diolah nantinya.***

Sumber : http://utusanriau.co/?/det/12270/relawan-rz-pekanbaru-gelar-diksar-2/2015-03-14#sthash.x681elc6.dpuf

Tags :
Konfirmasi Donasi