MAKANAN DAN MINUMAN FAVORIT RASULULLAH

Rasulullah SAW sederhana dalam hal makanan maupun minuman. Beliau makan jika sesuai seleranya dan membiarkan jika tidak sesuai seleranya tanpa mencelanya. Dan beliau hanya makan yang halal dan thayib (baik bagi kesehatan) dan dan tidak berlebihan.

Dari banyaknya jenis makanan dan minuman Rasulullah sallallahu alaihi wasallam juga mempunyai favoritnya, berikut di antaranya:

  1. Minuman yang Manis dan Dingin.

Rasulullah sangat menyukai minuman yang rasanya manis dan dingin.
Dari Aisyah radhiyallahu anha meriwayatkan, “Minuman yang paling disukai Rasulullah adaah minuman yang manis dan dingin.”(HR. Tirmidzi)

  1. Makanan yang Manis.
    Rasulullah sangat menyukai makan yang manis-manis rasanya, seperti buah-buahan yang manis dan segar.
    Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata, bahwa Rasulullah gemar makanan manis-manis dan madu…”(HR. Bukhari)
  2. Susu 
    Rasulullah menyukai susu sebagai makanan dan munimannya. Karena di dalam susu banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh dan bisa membuat kenyang tanpa menyantap makanan. “Tidak ada sesuatupun yang bisa berfungsi sebagai makanan sekaligus minuman selain susu.”(HR. Tirmidzi)

Semua aktivitas dan pola kehidupan Rasulullah memang telah dirancang oleh Allah subhanahu wa ta’ala sebagai teladan yang baik (uswah hasanah) bagi semua manusia. Termasuk dalam pola dan jenis  makanan, minuman beliau yang bertujuan pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dan pola atau jenis makanan dan minuman seringkali dikaitkan dengan pengobatan. Karena makanan atau minuman adalah penentu proses metabolisme pada tubuh kita. Makanan dan minuman yang baik pasti sehat untuk tubuh kita.
Dan Rasulullah sallallahu alaihi wasallam telah mencontohkannya. Dengan mengikuti pola makan dan minum Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, kita sebenarnya sedang menjalani terapi pencegahan penyakit dengan makanan dan minuman (attadawi bil ghidza).

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi