MAKANAN INI BAIK UNTUK GIGI

keju-_141121151834-972Memilih makanan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Selain mempertimbangkan efeknya untuk kesehatan tubuh, juga penting melihat efeknya terhadap kesehatan gigi.

Para dokter biasanya menyarankan untuk menghindari makanan manis-manis, bukan hanya tidak baik untuk berat badan Anda, tapi juga untuk gigi Anda. Misalnya permen, cokelat, es krim, bahkan minuman berkarbonasi.

Dalam laman Allwomenstalk, dijelaskan makanan yang baik untuk kesehatan gigi diantaranya adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Nah, apa saja sih makanan yang baik untuk kesehatan gigi?

Minyak kelapa

Percaya atau tidak, minyak tertentu ternyata baik untuk gigi Anda. Minyak kelapa salah satunya. Minyak kelapa biasanya digunakan untuk menggoreng. Tapi ternyata minyak ini memiliki antimikroba yang dapat membunuh virus dan bakteri. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk berkumur sebelum menyikat gigi. Fungsi utama minyak kelapa adalah untuk menghilangkan bau nafas yang tak sedap. Selain itu, juga bisa menghilangkan plak, kerusakan gigi yang luas sehingga membentuk rongga, dan radang gusi.

Telur

Hampir setiap orang menyukai jenis makanan satu ini. Entah direbus ataupun digoreng, makanan ini sama enaknya. Telur memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Fosfor merupakan sebuah mineral yang dapat membantu formasi tulang dan gigi. Karena itu, penting sekali memasukan telur dalam menu diet Anda. Telur mampu membangun kembali enamel atau email gigi (lapisan luar gigi yang bisa dilihat). Jadi, mengganti mineral dengan telur ini sama saja menghilangkan makanan yang tinggi konsentrat fosfornya yang mampu menjaga gigi Anda dari pembusukan. Makanan seperti ikan dan daging juga merupakan pilihan yang baik untuk kesehatan gigi Anda.

Keju

Siapa yang tak suka dengan jenis makanan satu ini. Selain rasanya enak dan gurih, keju mampu merubah derajat keasaman pada mulut Anda. Setelah mengonsumsi makanan asam sepanjang hari, Anda membutuhkan sesuatu yang mampu mengangkat plak asam pada permukaan gigi. Nah keju mungkin menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kekhawatiran Anda. Karena makanan ini tinggi akan kasein yang bisa membantu memperkuat gigi. Makanan ini juga mampu menetralisir asam dan zat korosif yang keras. Setelah makan jeruk, lanjutkan makan keju yang mampu mengangkat derajat keasaman.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi