MAKANAN INI PICU RASA LAPAR SEHABIS MENYANTAPNYA

Anda merasa lapar lagi setelah makan? Coba perhatikan kembali apa yang baru saja masuk ke dalam perut.

Faktanya, memang ada sejumlah makanan yang ternyata justru tak membuat orang menjadi kenyang. Mengonsumsinya malah membuat orang kembali merasa lapar.

Apa saja makanan tersebut? Times of India, Rabu (25/10), mengungkapkan 9 di antaranya.

1. Jus Kemasan
Jus kemasan kebanyakan mengandung rasa buatan. Tidak ada bulir buah asli di dalamnya. Di samping itu, kadar gulanya sangat tinggi. Komposisi tersebut meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga memicu timbulnya rasa lapar.

2. Yoghurt beku

Senang mengudap yogurt beku di jam kerja demi sekedar menahan rasa lapar? Kalau mau kenyang, coba singkirkan yoghurt beku dari menu makan Anda. Ternyata, yoghurt beku lebih mampu merangsang rasa lapar daripada membuat kita merasa kenyang.

Kandungan gula yang tinggi mempengaruhi cara otak mencatat tingkat kelaparan. Akibatnya, kita menginginkan lebih banyak makanan. (Foto: rocketnews24.com)

3. Makanan cepat saji

Mayoritas makanan cepat saji mengandung lemak trans. Dia melemahkan kemampuan tubuh menghasilkan neurotransmitter pengontrol nafsu makan.

Alih-alih membuat merasa kenyang, makanan cepat saji membuat kita lebih menginginkan lebih banyak makanan. (Foto: Corbis)

4. Sereal
Mungkin mengejutkan, tapi faktanya mayoritas sereal sebenarnya membuat kita merasa lapar.

Tingkat gulanya yang tinggi dan kurangnya kandungan serat membuat orang kembali menginginkan makanan dalam hitungan menit.

5. Roti tawar
Sekarang dan seterusnya, berhentilah sarapan roti tawar. Ternyata, dia merangsang kadar insulin tubuh manusia dan menyebabkan kelaparan tidak stabil.

6. Keripik
Coba perhatikan, bagaimana rasanya setelah memakan popcorndan keripik asin saat menonton film. Ya, tentu saja! Kita merasa lapar.

Rangsangan rasa lapar disebabkan jumlah garam berlebihan hingga akhirnya mendehidrasi tubuh dan membuat kita merasa lapar.

7. Pasta putih
Pasta putih tidak mengandung nutrisi. Dia malah membuat kita merasa lebih lapar. Jika kita masih tak bisa mengendalikan kecintaan pada pasta putih, cobalah menggantinya dengan pasta gandum.

8. Mengunyah permen karet

Permen karet menstimulasi cairan lambung dalam tubuh dan air liur saat proses kunyah turun ke perut. Reaksinya, merangsang rasa lapar berlebihan. (Foto: Boldsky)

9. Minuman diet
Semua minuman diet mengandung pemanis buatan. Keberadaannya memberi sinyal ke otak, tubuh telah disuplai sejumlah energi. Namun, seluruh prosesnya mengarah pada rangsangan rasa lapar di tubuh dan pikiran.

Sumber : www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi