MAKANAN PEDAS BISA TINGKATKAN MOOD

makanan-pedas-bikin-kurus

Meskipun di satu sisi terdapat dampak kurang baik yang mungkin ditimbulkan oleh kebiasaan konsumsi makanan pedas, di sisi lain ada pula beberapa manfaat yang didapatkan oleh tubuh melalui konsumsi makanan pedas.

Senyawa capsaisin yang terdapat dalam cabai atau bumbu-bumbu pedas lainnya diketahui memiliki beberapa dampak yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Pereda nyeri. Dalam dunia farmasi, capsaisin digunakan sebagai bahan aktif krim pereda nyeri untuk berbagai kasus radang sendi.
  2. Dapat membantu menurunkan berat badan. Konsumsi makanan pedas akan memproduksi panas yang membantu pembakaran kalori. Capsaisin juga diduga meningkatkan produksi enzim-enzim pencernaan pada lambung sehingga membantu proses pencernaan
  3. Memperbaiki mood. Konsumsi makanan pedas dan berbumbu tajam meningkatkan level senyawa serotonin and endorfin yang berpengaruh pada tingkat kegembiraan/mood.
  4. Capsaisin memiliki efek antioksidan (meskipun penelitian tentang hal ini masih terbatas). Capsaisin memiliki efek antibiotika untuk membunuh bakteri yang menginfeksi lambung

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi