MAKANAN PENINGKAT KESEHATAN MATA

thumb_251_article_image_640x379

Lebih dari 70% responden dari survey yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Mata FKUI menyatakan bahwa memburuknya ketajaman penglihatan memiliki dampak terbesar dalam menghambat aktivitas kehidupan sehari-hari. Selain di sebabkan oleh penyakit kronis seperti Diabetes Mellitus ( penyakit gula ), faktor usia, maka penurunan ketajaman penglihatan juga dapat di sebabkan oleh diet yang kurang mengotimalisasi Vitamin dan nutrisi yang di butuhkan oleh mata.

Untuk itu agar mata bunda dan anggota keluarga lainnya dapat sehat dan tidak terlalu cepat menurun fungsinya, sebaiknya siapkan menu-menu dengan bahan bermanfaat seperti di bawah ini:

1. Sayur berwarna hijau gelap

Karoten dan zat yang dikenal dengan zeaxanthin pada bayam dan brokoli sangat di butuhkan sebagai nutrisi super bagi mata tepatnya di bagian macula yaitu bagian pusat dari retina yang berfungsi sebagai pusat penglihatan.

2. Cabai Orange

Rasa yang tidak terlalu pedas dan gurih pada cabai jenis ini membuat cabai orange sering di gunakan sebagai topping makanan berkuah. Konsumsi cabai jenis ini dapat meningkatkan performa mata dalam hal ketajaman, ini di sebabkan oleh kandungan zeaxanthin pada cabai orange yang ternyata paling tinggi jika di bandingkan dengan kandungan pada cabai jenis lainnya.

3. Kuning Telur

Nah siapa nih yang sering konsumsi telur tapi hanya bagian putihnya saja, hal ini tidak tepat karena sebenarnya vitamin dan mineral lebih banyak ada pada bagian kuningnya. Membiasakan diri mengkonsumsi telur secara lengkap terutama bagian kuning telurnya akan membuat tubuh lebih sehat dan ternutrisi dengan vitamin dan mineral yang ada. Pada kuning telur si temukan Lutein dan zeaxanthin dengan bentuk yang lebih mudah dapat di serap oleh tubuh. Yang perlu diingat adalah jangan memasak telur terlalu matang karena zat yang di butuhkan oleh mata seperti lutein dll akan mudah rusak jika dipanaskan secara berlebihan.

4. Ikan Salmon

Selain rasa yang lezat, daging ikan salmon kaya akan omega 3 dan DHA. Kedua zat ini sangat di butuhkan oleh Retina mata dalam membantu membran sel untuk menjalankan fungsinya. Konsumsi daging ikan salmon juga harus memperhatikan tingkat kematangan agar dapat optimal dalam memanfaatkan nutrisi yang ada.

 

Sumber: Gulalives.com

Tags :
Konfirmasi Donasi