MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI SEBELUM TIDUR

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur di malam hari. Salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum tidur.

Ahli ilmu tidur Sammy Margo mengatakan, beberapa makanan dapat membantu seseorang untuk tidur lebih baik. Namun, ada pula beberapa jenis makanan yang memiliki efek sebaliknya terhadap kualitas tidur.

“Meski sebagian makanan dan minuman terasa menghangatkan, ada yang terasa pedas, berkafein maupun tinggi lemak dan protein sehingga dapat menganggu tidur,” ujar Margo dilansir¬†NetDoctor belum lama ini.

Margo mengungkapkan setidaknya ada lima makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan tersebut.

Salah satu di antaranya adalah pisang. Pisang baik dikonsumsi sebelum tidur karena tinggi kadar magnesium yang membantu otot menjadi lebih rileks. Selain itu, pisang juga tinggi serotonin dan melatonin.

Kacang almond juga termasuk makanan yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki kualitas tidur. Kacang almond dinilai baik karena memiliki kandungan magnesium yang tinggi seperti halnya pisang. Selain itu kacang almond juga kaya tryptophan.

Margo juga merekomendasikan madu untuk memperbaiki kualitas tidur. Konsumsi madu sebelum tidur dinilai dapat membantu menstimulasi produksi melatonin sekaligus menekan orexin, yaitu zat kimia yang membuat tubuh tetap terjaga.

Oats yang kaya vitamin dan mineral serta asam amino juga dinilai baik dalam memperbaiki kualitas tidur. Alasannya, vitamin, mineral dan asam amino baik dalam mendorong melatonin.

Makanan lain yang direkomendasikan Margo adalah kalkun. Kalkun dinilai dapat memperbaiki kualitas tidur karena kaya tryptophan.

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi