MANDI AIR PANAS BISA SEBABKAN EKSIM

gatal-gatal-_140627102837-116Eksim atau biasa disebut dermatitis atopik ternyata bukan hanya diakibatkan oleh faktor genetik semata. Faktor gaya hidup juga berpengaruh kuat terhadap munculnya penyakit radang kulit ini.

Menurut dokter spesialis dermatologi RS Dr Sardjito Yogyakarta, Niken Trisnowati, gaya hidup yang memengaruhi munculnya penyakit ini salah satunya adalah mandi air panas.

“Mandi air panas itu bisa melarutkan lemak kulit sehingg pelindung kulit berkurang. Akibatnya kulit luar lebih cepat iritasi,” katanya.

Menurut Niken, jika kulit mengalami iritasi maka bakteri akan mudah masuk. Akibatnya, kata dia, kulit akan cepat gatal dan jika terjadi peradangan maka akan melebar.

Selain mandi air panas, berada di ruang ber-AC juga cepat membuat kulit mengalami kekeringan dan rusak. Begitu pula jika mandi terlalu sering, juga bisa cepat menghilangkan lemak dan protein kulit. “Pemakaian karpet di ruangan juga bisa mengakibatkan munculnya eksim,” katanya.

Karpet kata dia, sudah dijadikan gaya hidup tata ruang di Indonesia. Padahal karpet merupakan tempat favorite tengue (debu rumah tangga).

Tengue ini jika menempel dikulit akan membuat iritasi dan kulit terasa gatal-gatal. “Karena itu disarankan pemakaian karpet dihindari terutama untuk anak-anak. Karena debu rumah tangga lebih gatal dari debu lainnya,” katanya.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi