MANFAAT BIJI NANGKA

biji nangkaBuah Nangka (Artocarpus heterophyllus), atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Jackfruit, sangat populer di Asia khususnya di Indonesia. Selain mengkonsumsi daging buahnya yang manis dikala matang, buah ini juga banyak dipakai dalam resep masakan sebagai lauk-pauk pelengkap nasi. Daun nangka merupakan pakan ternak yang disukai kambing, domba maupun sapi. Kulit batangnya yang berserat dapat digunakan sebagai tali dan pada masa lalu dijadikan bahan pakaian. Biji buah Nangka yang sering dibuang sebenarnya pun bisa dikonsumsi dan mengandung kandungan protein, serat, karbohidrat, vitamin A, B, C, fosfor, seng dan kalsium. Selain itu biji nangka juga mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, antara lain saponin dan isoflavon. Nah apa lagi manfaat biji Nangka?

1.Mencegah sembelit
Jika dikonsumsi secara rutin, biji Nangka yang mempunyai kandungan serat tinggi dapat mencegah sembelit. Selain itu, biji Nangka juga mempunyai khasiat membantu pengeluaran racun dari tubuh.

2.Melawan keriput
Biji Nangka dapat memperlambat penuaan dini di wajah berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Caranya: campurkan biji nangka dengan susu dingin, lalu hancurkan biji Nangka sampai halus dan ratakan pada wajah. Apabila dilakukan dengan rutin, keriput di wajah dapat berkurang.

3.Mengatasi stres dan penyakit kulit
Konsumsi biji Nangka baik untuk terapi penyakit kulit dan menjaga kelembapan alami kulit. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan protein dan mikronutrien lainnya. Selain kegunaannya untuk kulit, biji Nangka juga dikenal dapat mengatasi stres.

4.Membersihkan Noda pada kulit
Khasiat yang satu ini tak banyak diketahui orang. Caranya mudah: campurkan biji nangka kering dengan susu dan madu. Setelah beberapa saat, hancurkan biji Nangka sehingga menjadi pasta lalu ratakan pada kulit yang bernoda. Setelah kering, bilas dengan air bersih.

5.Mencegah rambut rontok
Kandungan vitamin A yang terdapat dalam biji Nangka selain dapat membantu menjaga penglihatan, juga bermanfaat dalam mengatasi kerontokan rambut

6.Menambah volume rambut
Konsumsi biji Nangka juga mempunyai manfaat untuk menjaga aliran darah tetap baik. Aliran darah yang baik sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, biji Nangka memiliki kandungan Mangan yang tinggi, yang berguna untuk menjaga kadar gula darah.

7. Mencegah Anemia
Biji Nangka memiliki kandungan zat besi tinggi yang diperlukan tubuh untuk mencegah anemia.
Nah, ketika Anda menyantap buah Nangka lain kali, jangan segera buang bijinya. Dengan begitu banyak manfaat serta khasiatnya, biji Nangka patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi secara teratur.

Sumber: hellodoctor.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi