MANFAAT KANGKUNG

manfaat-kangkungKangkung adalah sayuran asal India. Tak butuh waktu lama kangkung akhirnya tersebar ke wilayah lain seperti Benua Asia, Australia, dan Akfrika. Kangkung sangat mudah tumbuh di tempat yang basah, seperti di rawa-rawa, atau permukaan lumpur.

Sekarang kangkung sudah tak asing lagi bagi orang di Indonesia. Bahkan kangkung sudah menjadi menu masakan sehari-hari.

Di Indonesia terdapat dua jenis kangkung, yaitu kangkung darat dan air. Kangkung darat memiliki daun yang lebih kecil. Sedangakan kangkung air memiliki daun yang lebar. Sayuran ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan kangkung antara lain, serat, fosfor, zat besi, lemak, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin, B1, dan lain sebagainya.

Kangkung juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Penasaran? Simak di bawah ini.

1. Mengatasi Penyakit Kolestrol

Kangkung dipercaya untuk menurunkan kolestrol. Sebuah studi manyatakan, serat yang sangat tinggi baik bagi kesehatan dan itu terdapat pada kangkung. Selain itu kangkung terbukti efektif untuk menurunkan kadar triglycoside.

2. Sangat Baik Untuk Mata

Bukan hanya wortel yang dapat menjaga mata. Mengonsumsi kangkung juga terbukti akan menjaga kesehatan mata. Di dalam kangkung terdapat kandungan vitamin A yang akan menjaga mata dan terhidar dari katarak. selain itu, mata akan tetap jernih dan sehat.

3. Menghindari Bau Mulut

Bersadarkan fakta yang beredar kangkung telah terbukti untuk mengatasi bau mulut. Bagi Sobat Gulalives yang kurang percaya diri karena bau mulut. Kangkung adalah solusinya.

4. Menjaga Kualitas Otak

Mengosumsi kangkung dapat membantu meningkatkan kinerja dan pertumbuhan otak. Bagi ibu hamil sangat cocok jika mengonsumsi kangkung karena bisa meningkatkan  pertumbuhan otak janin. Hal ini dikarenakan kangkung memilki kandungan omega 3 yang baik untuk menjaga kualitas otak.

5. Mencegah Sariawan

Kangkung memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah sekaligus mengobati sariawan. Bukan hanya sariawan dengan mengosumsi kangkung, anda juga bisa mengobati sakit gigi. Caranya hanya menguyah daun kangkung, dalam sekejap kuman penyebabkan sariawan akan hilang. Kangkung juga mengandung antiseptik yang cukup tinggi.

6. Mengatasi Insomnia

Ungkapan memakan kangkung dapat  menyebabkan kantuk. Sepertinya adalah sebuah fakta. Kangkung telah terbukti untuk mengatasi insomia. Pasalnya insomia akan menjadi penyakit yang berbahaya jika tida cepat diatasi.

7. Menghilangkan Nyeri Haid

Biasanya saat sedang haid perempuan merasakan sakit pada perut. Untuk membantu menghilangkan rasa nyeri haid. Sobat Gulalives dapat melakukan hal ini, tumbuk daun kangkung, campurkan dengan air panas dan tambahkan madu supaya manis. Campuran ini dapat membantu menghilangkan nyeri di perut.

8. Dapat Mengontrol Darah

Kangkung memilki kandung gizi yang sangat banyak yang dapat mencegah pembekuan pembeluh darah di otak dan jantung.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin A, Vitamin C, dan Beta-karoten dalam kangkung dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh. Folat yang terkandung di dalam kangkung dapat membantu terhindar dari seranga jantung atau stroke yang disebabkan oleh bahan kimia homosistein.

Selain kangkung masih banyak sayuran hijau lain yang memilki manfaat untuk kesehatan.Dengan mengosumsi sayuran hiju dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat.

 

Sumber: Gulalives.com

Tags :
Konfirmasi Donasi