MANFAAT MINUM AIR HANGAT DI PAGI HARI

segelas-air-minum-_160516062752-793Bagi sebagian orang, menyeruput secangkir kopi mungkin sudah menjadi rutunitas wajib di pagi hari. Namun, tak ada salahnya jika Anda mengganti kebiasaan tersebut dengan meminum segelas air hangat sesaat setelah bangun tidur. Sebab, dalam sebuah penelitian menunjukkan meminum air hangat ketika keadaan lambung masih kosong ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Ahli gizi klinis dan nutrisi makanan Stella Metsovas mengatakan bahkan para dokter biasanya menganjurkan meminum air hangat di pagi hari dengan rendaman lemon yang kaya akan polyphenol atau bisa juga dengan teh. Orang yang rutin meminum air hangat di pagi hari menunjukkan adanya penurunan aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

“Meminum air hangat baik untuk pencernaan dan membantu mengatur gerakan usus,” kata Stella. Berikut ini lima manfaat meminum air hangat di pagi hari yang dapat dirasakan oleh tubuh Anda.

Mencegah penuaan dini
Keberadaan racun dalam tubuh dapat membuat penuaan lebih cepat terjadi. Ketika racun terakumulasi, tubuh akan rentan terhadap penyakit dan penuaan. Air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Lebih jauh, air hangat dapat memperbaiki sel-sel kulit sehingga kulit Anda bisa menjadi elastis.

Mengurangi rasa sakit
Air hangat dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit akibat kram perut saat menstruasi. Air hangat membantu melemaskan otot-otot perut dan mengurangi nyeri haid. Selain itu, air hangat merupakan obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu untuk mengendurkan otot-otot dalam tubuh.

Menurunkan berat badan
Air hangat akan meningkatkan suhu tubuh yang kemudian dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Peningkatan aktivitas metabolik membuat tubuh mampu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Jika Anda memulai hari Anda dengan minum segelas air hangat dengan lemon, Anda akan membantu tubuh memecah jaringan adiposa atau lemak tubuh. Air hangat dengan lemon juga mengontrol keinginan makanan karena lemon mengandung serat pektin.

Membantu memperbaiki pencernaan
Meminum segelas air hangat di pagi hari akan merangsang sistem pencernaan. Ini tentunya membantu tubuh untuk lebih cepat mencerna dan menghilangkan makanan. Sebaliknya, meminum air dingin setelah makan dapat membekukan minyak dan lemak dari makanan yang baru saja dimakan. Hal ini menciptakan timbunan lemak dan membuat pencernaan menjadi lebih sulit.

Meningkatkan sirkulasi darah
Air hangat dapat menghancurkan penumpukan lemak serta racun yang ada di dalam tubuh. Penghancuran ini akan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

Kini, mulailah membiasakan diri Anda meminum segelas air hangat saat bangun tidur di pagi hari dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi