MANFAAT OLAH RAGA UNTUK MEMORI

olah ragaKabar baik, penelitian menunjukkan kalau hanya butuh sedikit waktu dalam satu hari untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi tubuh dan memori.

Ternyata, hanya perlu 20 menit latihan untuk meningkatkan kinerja episodic memory manusia, alias memori jangka panjang untuk pengalaman sebelumnya. Penelitian tersebut, seperti dilansir dari laman Shape, dilakukan oleh Georgia Institute of Technology.

Dalam penelitian, sebanyak 90 orang dilibatkan. Mereka diminta melihat 90 foto di layar komputer. Peserta studi lalu diajak melakukan olah raga dengan alat.

Kira-kira 48 jam kemudian, kelompok yang berolahraga mengingat 60 persen foto-foto yang ditampilkan. Kelompok yang tidak berolahraga hanya mengingat rata-rata 50 persen foto.

Sebelumnya, sejumlah studi telah menunjukkan hubungan antara olah raga dan memori. Sebuah studi meminta peserta mengangkat berat satu kali dua hari sebelum tes. Studi memberi lihat, masyarakat tidak perlu mendedikasikan banyak waktu mereka untuk mendongkrak kemampuan otak.

Selain mengangkat berat, olah raga seperti berjongkok bisa banyak bermanfaat bagi peningkatan kemampuan memori.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi