MANFAAT SEHAT ASPARAGUS

asparagus-_140424103458-232Asparagus merupakan hidangan utama yang tidak hanya enak namun juga memiliki nilai gizi sangat baik. Ada beberapa jenis asparagus dari Inggris dan Amerika yang berwarna hijau, kemudian dari Belanda dan Spanyol bewarna putih, serta Prancis yang bewarna ungu.

Asparagus diakui memiliki nilai gizi yang tak tertandingi dan mengandung banyak vitamin, antioksidan, protein, bahkan mineral. Semuanya dapat meningkatkan kesehatan individu yang rutin mengonsumsi sayuran ajaib ini. 

Nutrisi yang terkandung dalam asparagus, di antaranya vitamin B kompleks, niacin, asam folat, thiamin, dan riboflavin. Asparagus juga kaya vitamin C, E, dan K. 

Sayuran ini juga sumber kalsium, seng, besi, kalium, tembaga, dan mangan. Apa saja manfaat sehat dari asparagus? Berikut paparannya, dilansir dari Easy Good Health, Kamis (24/4).

1. Asparagus dan diabetes
Asparagus adalah satu dari beberapa sayuran yang efektif sebagai diuretik. Ini secara signifikan membantu pencegahan penyakit batu ginjal.

Asparagus juga memfasilitasi sekresi insulin dalam tubuh. Sayuran ini juga kaya asam amino bernama asparagin yang membantu diuresis yang tepat membantu kelancaran cairan tubuh dan garam dari tubuh.

2. Asparagus dan kanker
Asparagus mengandung glutathionine yang menjadi senyawa penting untuk membantu mengurangi karsinogen dan zat beracun lainnya, khususnya radikal bebas. Hal ini sangat membantu mencegah kanker jenis tertentu, seperti kanker tulang, kanker usus besar, kanker payudara, kanker tenggorokan, dan kanker paru-paru. 

Asparagus juga kaya fito nutrien yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi kerusakan sel oleh zat radikal bebas.

3. Asparagus dan proses penuaan

Asparagus juga menghambat proses penuaan dan penurunan kognitif tubuh. Itu karena sayuran ini mengandung asam folat yang bekerja sama dengan vitamin B12 yang ditemukan dalam daging, ikan, dan ayam yang Anda konsumsi.

Asparagus bukan hanya menjadi salah satu sayuran terlezat di dunia, melainkan juga manjur untuk berbagai kondisi medis. Karena itu akan sangat bijaksana jika Anda memasukkannya sebagai menu dalam diet Anda untuk memastikan peningkatan kesehatan dan vitalitas.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi