MASALAH SEMBELIT PADA BAYI

bayi-menangis-karena-sembelit-_150318144415-383Batita memiliki selera makan yang beragam, sehingga sembelit menjadi masalah yang biasa. Terlalu banyak susu (lebih dari 32 ons atau 1 liter sehari) juga dapat menyebabkan sembelit. Sembelit didefinisikan sebagai tinja yang sulit untuk keluar karena terlalu keras.

Tapi bagaimana Anda tahu bayi Anda sembelit? Kebanyakan bayi akan mengejan dengan keras ketika buang air—pengerahan tenaga ini adalah normal. Ketika bayi Anda tampak mengejan, Anda dapat menggendongnya sehingga gaya gravitasi bisa membantu usahanya buang air, atau pegang lututnya ke dada untuk membantu dia membentuk posisi jongkok—posisi buang air alami. Perlu dicatat, menangis saat mengejan bisa berarti bayi Anda mengalami sembelit dan sakit ketika buang tinja yang keras.

Usia baru lahir sampai 4 bulan
Dikutip dari parentsindonesia.com, pada bayi usia sampai 4 bulan, alasan umum sembelit karena tidak mendapatkan cukup cairan. ASI atau susu formula harus diberikan dengan cukup.

Jika Anda memberikan susu formula, pastikan Anda mencampur air dengan susu sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Jika susu formula bukan masalahnya, suruh bayi Anda minum lebih banyak cairan, apakah itu berarti menyusui lebih banyak atau menawarkan lebih banyak susu formula dari biasanya.

Jika Anda ke dokter, dia mungkin akan merekomendasikan menambahkan zat manis seperti sirup pada ASI atau susu formula. Zat manis menarik air ke usus, memerlunak feses, dan lembut pada perut bayi . Selain memberikan cairan, Anda juga dapat menggelitik anusnya dengan ujung jari kelingking untuk membantu feses keluar.

Usia 5 sampai 11 bulan

Untuk bayi sembelit usia 4 bulan ke atas yang sudah mulai makan makanan padat, Anda dapat membantu melunakkan tinja dengan meningkatkan asupan serat dalam makanan mereka. Tambahkan lebih banyak buah dan sayuran setiap kali makan. Karena sudah makan makanan padat tidak mengapa memberikannya jus buah yang kaya serat seperti mangga atau apel.

Usia 1 tahun ke atas
Untuk mengatasi sembelit bayi usia 1 tahun, dokter mungkin akan meresepkan obat pencahar atau pelunak feses. Jika Anda menduga terlalu banyak susu adalah penyebab sembelit, batasi jumlah dia minum susu, hanya 24-32 ons per hari.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa zat besi dalam susu formula bisa menyebabkan sembelit, tetapi tidak ada bukti bahwa hal itu benar. Bayi tidak boleh mengonsumsi susu formula rendah zat besi kecuali jika disarankan oleh dokter anak.

Bayi yang lahir cukup bulan memiliki cadangan zat besi yang cukup sampai usia mereka antara 4 sampai 6 bulan. Setelah itu bayi berisiko mengalami anemia jika tidak diberikan zat besi yang cukup. Susu formula yang diperkaya zat besi dapat memastikan si kecil mendapatkan zat besi untuk tahun pertamanya.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi