MENGAPA ATURAN “BELUM LIMA MENIT” TAK BERLAKU MENURUT PENELITIAN?

mengapa-aturan-belum-5-menit-tak-berlaku-menurut-penelitianAnda mungkin sudah sering dengar sejak dulu, ketika ada makanan yang jatuh, pasti ada yang mengatakan “Belum 5 menit!” kemudian mengambil makanan tersebut dan memakannya.

Memang tak ada yang terjadi setelah itu. Orang yang makan makanan yang sudah jatuh itu pun tak merasa sakit perut dan lain sebagainya. Tapi benarkah aturan “Belum 5 menit” saat makanan jatuh ini aman dilakukan dan jadi kebiasaan?

Sepertinya Anda perlu mengubahnya, apalagi jika buah hati sudah mulai terbiasa memungut makanan yang jatuh dan langsung memasukkan ke dalam mulutnya. Karena menurut sebuah penelitian dari Rutgers University menunjukkan bahwa makanan akan segera kontak dengan bakteri, segera setelah jatuh.

Tak peduli berapa lama makanan itu jatuh, segera setelah menyentuh lantai, makanan akan bersentuhan dengan bakteri yang ada di lantai atau di tempat jatuhnya makanan. Tentu saja tempat jatuhnya di mana juga memberi pengaruh seberapa banyak bakteri yang mengontaminasi makanan.

Jika jatuh ke tanah, tentu tak boleh dimakan. Makanan dengan kandungan air tinggi, seperti misalnya buah, nasi atau makanan basah lainnya, sebaiknya segera dibuang jika jatuh ke meja, lantai, karpet atau tempat kotor lainnya. Makanan kering mungkin tak segera menyerap bakteri seperti misalnya roti tawar atau kue kering.

Tapi bagaimana pun, akan lebih aman jika tak makan makanan yang sudah jatuh.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi