MENGAPA TEH MANIS TIDAK DIANJURKAN UNTUK SAHUR?

tehmanisBeberapa orang sudah terbiasa minum teh pagi dan malam. Saat Ramadan, tradisi minum teh tersebut juga dilakukan ketika sahur maupun berbuka puasa. Namun sebenarnya teh manis tidak dianjurkan untuk sahur. Mengapa?

Menurut dr. Johannes Chandrawinata, SpKG., teh manis tidak terlalu baik dikonsumsi saat sahur. “Buka puasa minum teh manis boleh kalau nggak ada makanan manis jadi buat pengganti makanan manis. Kalau saat sahur, terlalu banyak gula nanti rasanya malah haus,” tutur dr. Johannes saat dihubungi Wolipop, Kamis (10/7/2014).

dr. Johannes melanjutkan, daripada minum teh manis lebih baik diganti jus segar tanpa gula tapi maksimal 150 cc atau 3/4 gelas berukuran besar. Namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan karena jika Anda minum jus terlalu banyak dapat meningkatkan trigliserda (lemak darah). Lemak darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, hingga jantung.

Pria lulusan S2 di Deakin University, Melbourne, ini juga menganjurkan agar minum air putih setiap hari minimal dua liter. Ketika puasa, minumlah dua gelas di waktu sahur dan berbuka, serta empat gelas setelah salat Magrib.

Air putih memang lebih baik dikonsumsi daripada teh manis. Hal tersebut juga diakui oleh pakar gizi dan nutrisi, Prof. Dr. Hardinsyah, MS. Pria yang kerap disapa Hardin ini menuturkan kalau tetap ingin minum teh manis ketika sahur harus memperhatikan asupan makanan Anda.

Jika Anda sudah mengonsumsi nasi dan makanan lain yang mengandung karbohidrat sebaiknya tidak perlu minum teh manis. Terlalu banyak gula di pagi hari bisa meningkatkan gula darah terutama bagi orang yang tidak terbiasa minum teh. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lemas.

“Kalau orang nggak biasa minum teh manis sebaiknya jangan karena gula darah akan cepat naik cepat juga turunnya, akibatnya tubuh lemas. Yang penting banyak makan sayur berserat. Kalau kita karbonya dari serat dan sayur, naiknya pelan turunnya juga pelan. Staminanya tambah lama,” tandas University of Queensland, Australia ini diakhir perbincangan.

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi