MENGENAL TOKSO DAN CARA PENCEGAHANNYA

kucing-dan-toksoplasma-pada-ibu-hamilMemiliki hewan peliharaan memang menyenangkan. Banyak penelitian menyebutkan jika memiliki hewan peliharaan dapat memberikan efek positif bagi pemiliknya. Melakukan hal seru bersama hewan peliharaan dapat mengurangi stres. Sayangnya jika tidak berhati-hati, hewan peliharaan dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh hewan peliharaan adalah Toksoplasmosis.

Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit sel tunggal toxoplasma gondii. Kucing adalah satu-satunya hewan yang dapat menularkan Toksoplasmosis melalui kotorannya. Kucing yang makan daging mentah dan terinveksi Parasit toxoplasma gondii dapat menyebabkan Toksoplasmosis.

Toksoplasmosis dapat menyerang siapa saja tidak mengenal gender maupun usia. Namun Toksoplasmosis lebih banyak terungkap dari wanita yang sedang hamil, saat memeriksakan kandungannya. Toksoplasmosis sangat berbahaya bagi kesehatan janin karena dapat menyebabkan kepala membesar, tidak memiliki tulang kepala hingga dapat menyerang fungsi sel otak. Berikut adalah cara untuk mencegah Toksoplasmosis.

1. Lakukan uji TORCH untuk mengetahui apakah kamu terinfeksi parasit Toxoplasma gondii. Hal ini penting jika kamu memiliki banyak kucing di rumah. Uji TORCH dapat dilakukan di rumah sakit atau klinik kesehatan besar. Pemeriksaan ini hanya menggunakan contoh darah, tidak rumit jadi dapat dilakuakan dengan waktu yang relatif singkat.

2. Selalu menjaga sistem imun agar terhindar dari virus dan bakteri jahat. Konsumsi makanan yang sehat dan perbanyak makan buah dan sayur. rutin berolahraga juga membantu tubuh tetap sehat dan lebih fit.

3. Usahakan untuk menghindari makan daging yang setengah matang. Hal ini penting karena kamu tidak tahu pasti daging yang dimasak benar-benar bebas dari bakteri jahat.

4. Menjaga kebersihan kandang hewan peliharaan. Saat membersihkan kandangnya jangan lupa memakai sarung tangan dan segera mencuci tangan dengan sabun segera setelah membersihkannya.

5. Secara rutin memberi imunisasi pada hewan peliharaan kamu. Jangan biarkan mereka terinveksi parasit penyebab penyakit. Tentu kamu tidak ingin hewan kesayangan kamu sakit bukan?

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Menjaga kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan adalah hal efektif untuk mengurangi risiko hewan kesayangan kamu terinveksi bakteri jahat.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi