MENUJU SUMBER AIR KINI LEBIH MUDAH DI DESA BERDAYA MARGAMEKAR

BANDUNG (21/11) – Kekeringan yang melanda beberapa titik wilayang di Indonesia juga dirasakan oleh warga Kabupaten Bandung. Tepatnya di Desa Berdaya Margamekar, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk mendapatkan air bersih masyarakat memanfaatkan solokan aliran dari mata air yang kurang terawat. Walau sudah kotor warga tetap mengambil air disana.

Sumber air ini memang sudah ada, tetapi sayangnya kurang terawatt dan akses pengambilan airnya cukup sulit. Sumber mata air ini digunakan oleh warga Desa lain, seperti warga desa Sukamanah dan desa Margamukti. Dampaknya jatah air setiap kepala keluarga menjadi berkurang karena harus dibagi-bagi.

Merespon situasi ini, Fasilitator Desa Berdaya Margamekar menginisiasi pembuatan penampungan air dan pemasangan mesin air serta pemasangan pipa air untuk memudahkan warga saat mengambil air.

Bersinergi dengan masyarakat, Rumah Zakat menyalurkan bantuan mesin air dan logistik lainnya yang digabung dengan dana swadaya masyarakat juga. Akhirnya, berkat inisiasi dari fasilitator Rumah Zakat yang didukung penuh oleh masyarakat, tokoh, pemuda, pemerintah desa, kini terciptalah tempat pengambilan air yang lebih nyaman dan lebih mudah dijangkau.

Alhamdulillah, kini warga kabupaten Bandung lebih mudah mengambil air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Newsroom

Izzatul Yazid / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi