MENYEDERHANAKAN HIDUP

bicycle-man-with-umbrellaHidup sudah rumit, jadi jangan dibuat rumit lagi. Mungkin Anda sudah sering mendengar kata-kata tersebut dari orang-orang terdekat Anda. Tapi jika memang hidup sudah rumit, bagaimana cara agar hidup jadi tidak terlalu rumit. Jawabannya adalah sederhanakan hidup Anda.

Stres dan depresi biasanya muncul saat pikiran dan kehidupan kita sudah penuh dengan banyak hal. Kerumitan hidup pun sering jadi faktor utama stres pada seseorang. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai menyederhanakan hidup Anda.

Belajar Berkata “Tidak”
Mungkin tidak mudah, tapi berkata “tidak” pada hal-hal yang kurang penting akan memberi ruang pada Anda tentang hal apa saja yang jauh lebih penting. Dilansir dari lifehack.org, saat kita mulai belajar berkata “tidak”, maka prioritas kita jadi terlihat jauh lebih jelas.

Tentukan Hal yang Benar-Benar Anda Butuhkan

Krystle Hannigan berkata, “Semakin banyak hal yang kita miliki/kejar/inginkan, kita akan semakin jauh dari kehidupan kita sendiri.” Saat ini banyak sekali orang yang malah dikuasai dan dikontrol oleh harta bendanya. Hannigan menambahkan jangan sampai harta benda seperti rumah mewah, mobil mewah, atau baju bermerek membuat kita abai terhadap hal yang lebih penting seperti menemukan tujuan hidup dan membangun hubungan yang lebih dalam.

Kendarai Sepeda Anda
Menyederhanakan cara Anda menggunakan moda transportasi akan menyederhanakan banyak aspek dalam hidup Anda. Jika memungkinkan, pulang dan pergilah dari/ke kantor dengan mengendarai sepeda. Selain menghemat biaya bahan bakar, Anda pun bisa lebih sehat tanpa harus pergi ke tempat fitnes untuk berolahraga.

Jauhkan Diri Anda dari Ponsel Sejenak
Pernahkah Anda mencoba menghitung berapa waktu yang telah Anda habiskan untuk menggunakan ponsel? Ternyata ponsel bisa jadi “tersangka” utama yang membuat kita melewatkan waktu-waktu yang berharga dan bisa menciptakan rasa tertekan dalam diri kita. Cobalah cari waktu yang pas untuk menjauh sejenak dari ponsel Anda, sehingga hidup Anda bisa terasa lebih sederhana dan tidak dipusingkan oleh berbagai informasi yang mungkin bisa membanjiri pikiran Anda saat membuka ponsel.

Nikmati Hal-Hal Sederhana

Luangkan waktu untuk menghargai momen-momen kecil dan sederhana dalam hidup Anda. Nikmati matahari terbenam. Bermain dengan anak kecil. Memasak bersama dengan ibu. Mendengarkan musik yang Anda suka. Tersenyum pada orang-orang di sekitar Anda. Menikmati dan mensyukuri hal-hal sederhana ini bisa sangat membantu kita untuk lebih memahami makna hidup yang sebenarnya.

Selain itu, Anda pun perlu menata segala sesuatunya dengan lebih rapi. Tempat atau ruangan yang rapi juga akan membuat pikiran kita lebih jernih. Memang sedikit klise, tapi memastikan segala sesuatunya rapi akan sangat membantu kita untuk menyederhanakan hidup kita. Saat hidup sudah lebih sederhana, prioritas sudah ditetapkan dengan baik, maka kita bisa lebih mudah untuk fokus membuat hidup kita jadi lebih produktif dan bermakna.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi