MINYAK KELAPA BANTU TURUNKAN BERAT BADAN

Diam-diam, minyak kelapa ternyata cukup efektif untuk membantu proses penurunan berat badan. Salah satu keunggulan minyak kelapa adalah mengurangi lemak membandel di bagian perut.

Keunggulan minyak kelapa berasal dari kombinasi asam lemak yang terkandung di dalam minyak kelapa. Kombinasi asam lemak ini memiliki efek yang cukup kuat terhadap metabolisme.

Minyak yang dijuluki sebagai lemak paling ramah untuk proses penurunan berat badan ini setidaknya memiliki empat manfaat bagi orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Berikut ini adalah keempat manfaat minyak kelapa dalam proses penurunan berat badan seperti dilansir Times of India.

Meningkatkan Metabolisme

Lemak yang dimiliki minyak kelapa sangat berbeda dengan lemak yang ditemukan pada beragam makanan lain. Lemak pada minyak kelapa memiliki rantai asam lemak yang sedang sehingga bisa langsung dikirim menuju hati untuk diubah menjadi tubuh keton atau digunakan langsung sebagai energi.

Penelitian terhadap tikus menunjukkan bahwa tikus yang diberikan rantai lemak sedang memiliki berat yang lebih rendah 20 persen dibandingkan tikus yang mendapat rantai lemak panjang. Tikus yang diberi makan dengan rantai lemak sedang juga memiliki lemak tubuh 23 persen lebih rendah dibandingkan tikus yang mendapat makanan rantai lemak panjang.

Membantu Pembakaran Kalori Saat Istirahat

Minyak kelapa juga memiliki sifat termogenik. Konsumsi minyak kelapa dapat memebuat energi yang dikeluarkan tubuh lebih banyak. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 15-30 gram minyak kelapa (rantai lemak sedang) per hari dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 5 persen per hari, atau setara dengan 120 kalori.

Menurunkan Berat Badan

Kunci utama menurunkan berat badan adalah menciptakan defisit kalori, yaitu kondisi di mana kalori yang terbakar lebih banyak daripada kalori masuk. Rantai lemak sedang dari minyak ekapa dapat memberi rasa kenyang lebih lama dibandingkan jenis lemak lainnya. Hal ini dapat membuat asupan kalori menjadi berkurang.

Kalori

Bagaimana pun juga, minyak kelapa juga memiliki kandungan kalori yang perlu diperhatikan. Tiap gram minyak kelapa memiliki sembilan kalori. Menambahkan minyak kelapa ke dalam pola makan tanpa melakukan modifikasi hanya akan menambah asupan kalori. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyiasatinya, minyak kelapa bisa digunakan untuk mengganti minyak sayur yang digunakan dalam memasak.

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi