MUDAH STRES? COBA CARA INI UNTUK MEREDAMNYA

77cara-praktis-hilangkan-kantuk-di-kampus-atau-tempat-kerjaSulitnya menerima keadaan hidup atau bingung mendapatkan jalan keluar serta pengalaman yang tidak mengenakan membuat kebanyakan orang mudah stres. Beberapa orang berusaha keras untuk keluar dari zona ‘stres’, namun belum berhasil. Berikut beberapa cara yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari untuk meredam stres:

1. Membiasakan diri berpikir positif terlebih

Salah satu pemicu stres adalah cenderung berpikir negatif sehingga mudah marah, putus asa, merasa sendiri, dan sebagainya. Pikiran negatif yang bersarang dipikiran kemudian oleh sebagian orang dimasukkan ke dalam hati sehingga mereka mudah merasa resah dan sakit hati atas keadaan yang menimpanya. Oleh karena itu biasakanlah berpikir positif agar pikiran lebih ringan dalam menyikapi sesuatu dan jauh dari prasangka.

2. Perbanyak kegiatan yang mendekatkan diri pada Allah

Tidak semua orang yang stres lantas diam begitu saja, justru tidak sedikit yang melarikan diri ke dalam hal-hal yang mengundang banyak mudharat atau ketidakmanfaatan, seperti minum-minuman keras, narkoba, dan sejenisnya. Padahal hal duniawi seperti ini tidak benar-benar membuat hati lebih tenang dan tentram justru akan merusak fisik tubuh sendiri. Jadi, perbanyaklah kegiatan yang mendekatkan diri pada Allah seperti mengikuti majelis dzikir, tausyiah, dan organisasi keagamaan sehingga kita akan mendapatkan ketenangan batin dan banyak motivasi di dalamnya.

3. Menyalurkan hobi dan bakat

Jangan anggap remeh kegiatan yang berhubungan dengan hobi atau bakat dalamdiri seperti menggambar, memasak, membuat aksesoris, menulis, dan lain-lainnya tersebut justru dapat membuat diri lebih berkembang dan merangsang otak menjadi cerdas. Beberapa penelitian mengatakan bahwa menyalurkan hobi membuat orang nampak ceria serta bahagia dan menularkan energi positif pada orang di sekitarnya.

4. Beristirahat

Istirahat di sini bukan soal tidur, tapi waktu untuk menenangkan pikiran sejenak. Begitu banyak orang yang stres dikarenakan tidak memiliki waktu yang cukup untuk sekadar merasakan kelonggaran atau penuh dengan kepenatan. Ambilah dan manfaatkan sebagian waktu untuk beristirahat seperti bersantai sambil menikmati seduhan teh hangat atau jalan-jalan memutari komplek atau pedesaan, Insya Allah perasaan jauh lebih baik.

5.Berolahraga setiap pagi

Tidak salah lagi bahwa manfaat olahraga bukan hanya mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat,akan tetapi juga ampuh menaikkan mood seseorang dalam memulai aktivitasnya di pagi hari. Lakukan gerakan-gerakan sederhana kala pagi hari agar mood lebih baik sehingga pola pikir juga baik.

6. Berusaha memotivasi diri sendiri

Semangat diri kita sendiri sebenarnya berasal dari motivasi yang kita bangun dan mengubahnya ke dalam persepsi. Sehingga, apabila kita memiliki persepsi yang baik akan sebuah peristiwa dan mampu mengatasinya dengan tenang, maka stress tidak akan mudah menghampiri. Jadi, jangan malas untuk memotivasi diri sendiri ya.

Sumber: ummi-onlie.com/Anisa. KJ

Tags :
Konfirmasi Donasi