OBESITAS PADA ANAK

Obesitas pada anak belum lama menjadi sorotan permasalahan gizi pada anak.  Hal ini disebabkan karena komplikasi obesitas pada anak yang dapat ditimbulkan lebih kompleks dibandingkan dengan obesitas pada orang dewasa, mengingat anak yang masih terus tumbuh dan berkembang, serta menjadi hal penting karena anak merupakan generasi penerus.

Di Indonesia terutama di kota besar prevalensi obesitas pada anak dari tahun ke tahun semakin bertambah. Secara umum, hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) menunjukkan peningkatan prevalensi obesitas pada balita baik di  pedesaan maupun perkotaan.

Obesitas adalah akumulasi jaringan lemak dibawah kulit yang berlebihan dan terdapat di seluruh tubuh. Secara klinis obesitas mempunyai tanda dan gejala yang khas, yaitu: wajah membulat, pipi tembem, dagu rangkap, leher relatif pendek, dada mengembung dengan payudara yang membesar mengandung jaringan lemak, perut membuncit, kedua tungkai pada umumnya berbentuk x. Pada anak laki laki penis tampak kecil karena terkubur dalam jaringan lemak supra-pubik, pada anak perempuan indikasi menstruasi dini.

Obesitas pada anak akan menyebabkan masalah kesehatan yang timbul di saat dewasa, seperti Penyakit jantung Resistensi terhadap insulin sehingga menyebabkan ia rentan terhadap penyakit diabetes Penyakit muskuloskeletal (penyakit otot dan tulang) terutama osteoarhtritis atau penyakit radang sendi yang degeneratif Penyakit kanker, misalnya kanker endometrium, kanker payudara dan kanker usus besar Disabilitas.

Tips bagi para orang tua yang memiliki anak-anak terindikasi obesitas, dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan Bagi balita yang mulai makan makanan padat, batasi asupan kalori yang didapat dari gula dan lemak total.
  2. Tingkatkan konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan dan serealia
  3. Pastikan anak-anak Anda melakukan aktivitas fisik selama 60 menit setiap harinya. Ajaklah anak untuk bermain di luar ruangan ketimbang menonton TV atau bermain game

 

Sumber: Tanyadok.com

Tags :
Konfirmasi Donasi