OKP – RZ ACEH GELAR TRAINING MENULIS KREATIF

BAOKP - RZ ACEH GELAR TRAINING MENULIS KREATIFNDA ACEH. Orphan Kafala Program (OKP) bersama RZ Aceh adakan training menulis kreatif untuk Anak-anak Juara. Acara tersebut diadakan di kantor Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Aceh di Lampriet, Banda Aceh (13/04). Acara tersebut dimulai pukul 15.00 siang dan berakhir pada pukul 18.00 sore.

Materi tentang menulis kreatif tersebut disampaikan oleh Ricky Syahrani yang juga adalah salah satu tutor di RZ Aceh. Ricky membahas dua poin penting dalam acara tersebut. Pertama tentang pengenalan sastra dan yang kedua tentang teknik belajar menulis cerpen, yang mana cerpen adalah salah satu dari bentuk karya tulis kreatif.

Para peserta yang semuanya adalah perempuan terlihat begitu antusias selama training berlangsung. Dari penyampaian pemateri, para peserta sangat menyimak ilmu-ilmu yang disampaikan, hal tersebut terlihat dari fokusnya mereka mendengar penjelasan dan diiringi dengan tawa riang di sela-sela penyampaian.

“Acara ini sangat bermanfaat bagi anak, karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan mereka di dunia kepenulisan. Semoga dengan ada kegiatan seperti ini, kelak anak-anak yang hadir hari ini bisa menjadi penulis yang membanggakan Indonesia, khusunya Aceh,” Ujar Thursina salah satu tutor RZ Aceh.

Setela selesainya materi-materi, selanjutnya peserta diberikan simulasi yaitu menulis cerpen. Sebelum penilaian terhadap cerpen-cerpen yang dibuat peserta, jelang penunguman dan penutupan acara itu, kepala OKI Aceh, Muqni Affan Abdullah, Lc,. M.A juga menyampaikan sepatah-dua kata.
“Kegiatan menulis seperti ini sangat bermanfaat buat kita. Apalagi sekarang adik-adik sedang sekolah dan pasti di sekolah ada yang namanya mading kan? Nah, dengan adanya acara ini adik-adik bisa menulis di mading.” Ungkap Muqni.

“Nanti kalian juga akan kuliah kan? Apalagi di dunia kuliah, sangat diperlukan keahlian menulis. Karena di kuliah akan membuat makalah dan juga skripsi. Jika kita tahu dan bisa menulis, maka dengan mudah menghadapi itu semua.” tambahnya.

“Saya berharap acara ini akan berlangsung nantinya. Nanti kalau bisa mereka ditinjau lagi. Dilihat kemampuannya sudah sejauh mana. Silakan mengunakan tempat ini, tidak masalah jika itu untuk acara bermanfaat seperti ini.” Pungkas Muqni lagi sebelum menutup pembicaraanya.

Sebelum para peserta pulang, beberapa diantara mereka memberikan testimoni mengenai kegiatan training tersebut,
“Sangat bermanfaat sekali acara ini. Karena yang sebelumnya saya tidak terlalu paham tentang dunia menulis, sekarang saya sudah paham. Ternyata, banyak sekali manfaatnya jika kita menulis,” ungkap Cindi.

Setelah penyampaian testimoni, sampailah pada pengumuman pemenang atas cerpen terbaik. Predikat cerpen terbaik dimenangkan oleh Putri.***

Newsroom/Ricky Syahrani
Banda Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi