OLAHRAGA 10 MENIT TINGKATKAN DAYA INGAT

Seiring bertambahnya usia, daya ingat seseorang akan mengalami penurunan. Hanya dengan rutin berolahrga selama 10 menit sehari, sudah cukup ampuh untuk meningkatkan memori serta konektivitas otak, dilansir dari The Guardian.

Para peneliti dari Universitas California yang mempelajari tentang aktivitas otak menemukan bahwa konektivitas antar bagian otak yang bertanggungjawab atas pembentukan memori meningkat setelah berolahraga ringan selama 10 menit. Olahraga ringan itu bisa berupa jalan santai, yoga hingga tai chi.

Temuan tersebut di dapatkan dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap 36 relawan yang di awal usia 20an tahun rajin melakukan 10 menit olahraga ringan. Kondisi memori mereka lalu dibandingkan dengan relawan yang tidak pernah melakukan olahraga.

Pada otak relawan yang rajin berolahraga, peneliti menemukan adanya peningkatan komunikasi antara hippocampus, bagian terpenting dalam penyimpanan memori, dengan area otak kortikal yang berperan dalam proses mengumpulkan ingatan. Menurut ahli saraf Michael Yassa, mereka yang rutin olahraga ringan memiliki kemampuan membedakan memori dengan baik.

“Namun, intensitas dan frekuensi olahraga tetap bergantung pada faktor lain seperti usia, tingkat mobilitas hingga gaya hidup,” ujar Yassa.

Selain itu, para peneliti melihat suasana hati juga menjadi faktor penting untuk bisa mendapatkan manfaat olahraga ini untuk otak. Yassa menganjurkan sebaiknya pilih olahraga yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik karena suasana hati juga akan berdampak terhadap peningkatan memori.

sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi