PEDULI GIZI BALITA, RUMAH ZAKAT RUTIN SUPPORT PMT DI POSYANDU DUKUH GAYAM

TEGAL. Posyandu adalah pelayanan gizi yang bertujuan untuk memantau status gizi balita. Pemantuan ini ditujukan guna mencegah terjadinya gangguan dalam pertumbuhan maupun perkembangan balita.

Di Desa Berdaya Banjaranyar, tepatnya Dukuh Gayam jadwal posyandu selalu menjadi moment paling ditunggu oleh para ibu yang memiliki balita. Setiap bulan sekali, para ibu membawa serta balitanya menuju posyandu untuk ditimbang berat badan, tinggi badan dan diperiksa oleh bidan desa. Sementara bagi balita, hal yang paling ditunggu saat moment posyandu adalah PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang rutin diberikan Rumah Zakat kepada mereka.

Seperti jadwal posyandu Rabu (14/02) kemarin, makanan tambahan selalu mampu menjadi pelipur lara para balita yang menangis pasca disuntik, atau menjadi pemantik semangat para balita supaya mau sekedar ditimbang atau diberi vitamin.

“Alhamdulillah, sejak Rumah Zakat hadir di Dukuh Gayam, kami rutin memberikan makanan tambahan untuk para balita. Dan ternyata, kehadiran PMT di Posyandu selalu dinanti oleh para balita” Ujar Miska fasilitator Desa Berdaya Banjaranyar.

Saat Rumah Zakat kali pertama hadir di Dukuh Gayam – lanjut Miska – kami melihat pemenuhan gizi terhadap balita masih belum optimal. Kami maklumi, karena memang kondisi ekonomi masyarakat Dukuh Gayam masih relatif di bawah. Oleh sebab itu, lahirlah ide untuk membantu pemenuhan gizi balita di Dukuh ini melalui Program
Makanan Tambahan (PMT).

Newsroom/ Dani Suhardi
Tegal

Tags :
Konfirmasi Donasi