PEKAN BERBAGI SENYUM AJARKAN KESABARAN DAN KETELATENANPONTIANAK. Kustiati bersama Tri Rima Setyawati merupakan dua orang dosen MIPA yang tertarik untuk menjadi relawan medis dalam kegiatan Pekan Berbagi Senyum (PBS) yang digelar di Kota Pontianak pada Sabtu (21/01).

Mereka berkesempatan untuk menjadi kader di Posyandu Bunga Tanjung, Jln Paralel Kel. Tanjung Hilir, Kec. Pontianak Timur. Keduanya bertugas untuk menjalankan peran seorang kader dalam melakukan pemeriksaan kesehatan balita.

Pertama-tama, mereka melakukan pengukuran tinggi badan serta berat badan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan umum lalu pencatatan hasil pemeriksaan dalam buku KMS (Kartu Menuju Sehat). Tak lupa, keduanya juga memberikan PMT pada setiap balita di akhir pemeriksaan. Sebanyak 30 orang balita tercatat  hadir dalam kegiatan tersebut.

“Luar biasa dapat pengalaman seperti ini. Sehari menjadi seorang kader Posyandu. Ternyata seorang kader itu memang harus sabar dan teliti ya dalam memeriksa anak. Ada yang penurut dan mudah saat diperiksa namun ada juga yang takut dan malah nangis. Tapi keduanya membuat saya semakin bersemangat. Sukses terus Rumah Zakat dan Cita Sehat,” tutur Kustiati di akhir kegiatan.

Newsroom/Nurul Rahayu
Pontianak