PENDERITA DIABETISI TIDAK MASALAH PUASA

Ibadah puasa adalah salah satu kewajiban bagi setiap umat Muslim yang beriman. Semua Muslim memiliki kewajiban yang sama untuk berpuasa.

Namun, bagaimana ibadah puasa bagi diabetisi atau seorang dengan penyakit Diabetes Melitus (DM)? Berikut ini kiat dan tips yang diberikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSI Sultan Agung, Hj Nur Anna CS.

Menurut Anna, tidak ada masalah bagi seorang diabetisi yang berpuasa. Malahan dengan berpuasa, Insya Allah bakal membawa kebaikan.

“Tentunya selama asupan makanan saat berbuka dan sahur disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian dan berdasarkan petunjuk dokter,” ujarnya di Semarang, belum lama ini.

Hanya saja, ia memberi catatan, kondisi tersebut hanya aman bagi diabetesi yang kadar gula darahnya dapat dikendalikan dan hanya dengan mengatur dietnya. Begitu pula dengan diabetisi yang diwajibkan mengkonsumsi obat penurun gula darah.

Para diabetisi ini aman untuk berpuasa. Yang berubah hanya pergeseran konsumsi obat ketika sahur dan berbuka. Obat yang biasanya dikonsumsi pagi hari, dipindahkan saat berbuka puasa.

Selanjutnya, takaran kedua yang biasa dimakan sore atau siang hari dialihkan ke saat sahur dengan dosis bisa dikurangi setengahnya. Meski demikian, ia juga menyarankan agar selama berpuasa para diabetisi tetap mempertimbangkan gejala penurunan kondisi.

“Seperti merasakan gelisah, berkeringat, badan gemetar, berdebar-debar, penglihatan ganda, maka secepatnya berkonsultasi dengan dokter atau klinik kesehatan terdekat supaya mendapatkan pertolongan pertama,” tambah Anna.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi