PERINGATI HARI RABIES SEDUNIA, CITA SEHAT FOUNDATION GELAR PEMBINAAN RABIES

peringati-hari-rabies-sedunia-cita-sehat-foundation-gelar-pembinaan-rabiesPEKANBARU. (22/09). Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang diperingati pada tanggal 28 September yang akan datang, Cita Sehat Foundation (CSF) bersama RZ melaksanakan pembinaan kepada siswa-siswi SD Juara di ICD Tangkerang Tengah, Pekanbaru.

Amel, relawan RZ ditemani Hasni atau kerap disapa Umi Hasni, seorang perawat menjelaskan materi tentang rabies. Umi Hasni menjelaskan bahwa rabies yang terjangkit pada hewan itu berasal dari virus yang dapat menular. Rabies ditakuti karena sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bila tidak mendapat penanganan yang benar, jelasnya.

Umi Hasni juga menyebutkan bahwa 90 % rabies yang ditularkan kepada manusia itu berasal dari hewan anjing, kucing dan monyet.

“Nah, jadi kita perlu waspada yah, apabila kalian memelihara binatang tadi, dengan tingkah laku misalnya tidak menuruti perintah kita, atau binatangnya jadi sering bersembunyi ditempat yang sejuk dan gelap, sering menggigit, dan binatang tadi mengeluarkan air liur secara berlebihan. Harus cepat-cepat kita periksakan ke dokter hewan.” jelasnya.

Selain itu, Umi Hasni juga memberikan penjelasan proses menularnya rabies itu dapat terjadi akibat luka gigitan oleh hewan yang terjangkit rabies.

“Di dekat rumah suka banyak kucing dan anjing yang melewat. Setelah mendengarkan penjelasan Umi Hasni saya akan lebih waspada ketika bermain diluar rumah.”, ujar Azim, siswa kelas 4 SD Juara.

Newsroom/Nurul Rahayu
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi