PERSIAPAN QURBAN ANDA: CEK KESEHATAN HEWAN DILAKUKAN SETIAP HARI

PROBOLINGGO. “Setiap hari hewan qurban dicek kesehatannya. Cek kesehatan juga dilakukan saat ada petugas kandang yang lapor ada kambing yang sakit,” jelas drh. Dandy Narindra Prabowo (25th). “Kambing yang sakit akan kita pindahkan ke kandang isolasi untuk dirawat,” tambahnya.

Dokter muda lulusan Kedokteran Hewan UNAIR ini sudah setahun bertugas di peternakan yang menjadi pusat produksi Superqurban di Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo.

“Secara tinjauan medis, hewan yang baik untuk diqurbankan adalah hewan yang sehat, dan tentunya syarat qurbannya terpenuhi seperti umur, kelincahan, tidak sakit dan secara fisik normal, tidak ditemukan adanya kecacatan,” tuturnya.

Selama setahun mengurus kambing dan sapi di peternakan membuat drh. Dandy benar-benar memahami kondisi hewan di sana. Dengan cekatan dan apik, drh. Dandy mengecek dan memastikan bahwa semua hewan qurban sehat dan memenuhi syarat untuk diqurbankan.

“Tingkat kesulitan dalam pengecekan kesehatan antara sapi dan kambing itu sama saja, hanya secara teknis, pengecekan kambing lebih rumit karena jumlah yang banyak,” ungkap pria yang sejak kecil bercita-cita menjadi dokter ini.

Jika ada hewan yang mati di peternakan, drh. Dandy akan segera melakukan otopsi untuk mengetahui penyebab kematiannya.

“Kita akan memastikan apakah hewan meninggal karena sakit atau apa. Jika sakit, kita pastikan penyakitnya apa, apakah menular atau tidak. Jangan sampai hewan lainnya tertular. Setelah semuanya jelas, baru kita lakukan penguburan,” terangnya.

 

Newsroom/Ria Arianti
Probolinggo

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi