PERTOLONGAN PERTAMA ANAK SAKIT

anak-sakit-ilustrasi-_150122160756-235Meskipun Anda sudah melakukan segala upaya untuk mencegah anak sakit, namun Anda mungkin saja kecolongan. Bayi Anda bisa tiba-tiba demam, batuk atau diare. Anda harus tetap tenang mengatasi anak yang sakit mendadak. Dikutip dari parentsindonesia.com, berikut langkah pertolongan pertama anak yang tiba-tiba sakit.

Demam
Bayi demam jika suhu tubuhnya di atas 37,7 derajat Celcius. Segera berikan parasetamol. Namun sebelum memberi obat penurun panas ini Anda harus konsultasikan dengan dokter. Perhatikan dosis parasetamol untuk anak.

Biasanya anak cukup diberikan satu sendok teh. Sedangkan bayi setengah sendok teh. Longgarkan pakaiannya dan kompres dengan air hangat di dahi dan ketiak. jika dalam 24 jam panasnya tak kunjung turun, segera bawa ke dokter.

Batuk
Beri minyak telon di bagian dada dan leher untuk melegakan pernapasan. Singkirkan semua perangsang batuk seperti bau obat nyamuk atau matikan AC. Untuk bayi di bawah usia 3 bulan, jangan diberi obat batuk kecuali atas petunjuk dokter.

Diare
Jika BAB-nya lebih banyak dari biasanya, berwarna dan bau yang tidak biasa, itu merupakan gejala diare. Terus berikan ASI agar bayi tidak dehidrasi. Segera bawa ke rumah sakit jika diare semakin parah.

Jatuh
Perlahan, periksa seluruh tubuh bayi untuk melihat apakah ada perubahan warna kulit, pembengkakan, atau luka. Gerakkan semua anggota badan secara perlahan dan perhatikan reaksinya. Jika bayi merasakan sakit pada bagian tertentu segera obati atau bawa ke rumah sakit untuk diperiksa.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi