PERUBAHAN

Oleh: AM Adhy Trisnanto

Lelaki punya kebiasaan memotong rambut, rata-rata sebulan sekali. Maka tidak heran banyak orang muda Garut yang berurbanisasi ke Jakarta buka jasa potong rambut. Bahkan, tidak hanya ke Jakarta, mereka juga bertebaran di kota-kota lain. Rambut yang tidak dipotong jadi gondrong dan tidak rapi. Tanpa kita apa-apakan, memang rambut kita tumbuh memanjang secara otomatis. Tumbuhnya lambat tapi pasti.

Perubahannya nyaris tidak terasa. Tahu-tahu rambut terasa lepek, tidak nyaman, dan tampilan jadi rada kacau. Ada memang karena bakat atau karena umur, pertumbuhan rambut terasa mandeg di bagian kepala tertentu. Yang risau dengan gejala ini sibuk mencari obat penguat akar rambut dan penumbuh rambut, lalu rajin ke salon untuk melakukan pencegahan kebotakan.

Sama halnya dengan segala makhluk hidup yang ada di alam semesta ini. Barangsiapa hidup, maka dia akan mengalami pertumbuhan. Tumbuhan, binatang, sama saja. Rumput yang tidak digunting jadi tidak sedap dilihat. Bukan saja rumput gajah yang cenderung tumbuh lebih cepat, bahkan rumput Jepang yang lembut-lembut pun perlu digunting. Gajah yang besar dan perkasa menabrak hutan rimbun dulu-dulunya juga mungil dan tampak tidak berdaya. Jadi, baik rumput gajah maupun gajahnya sendiri sama-sama mengalami pertumbuhan sepanjang hidupnya.

Tumbuh itu bergerak. Perhatikan saja ilm yang merekam proses tunas keluar dari biji, dan kemudian menjulurkan dedaunan hijau nan cantik. Itu contoh gerak pertumbuhan alami yang luar biasa indahnya. Proses itu tidak sempat dialami bebijian yang ditanam dan mati.

Berarti hanya yang hiduplah yang bergerak. Atau mungkin lebih tepat lagi dikatakan, sesuatu yang hidup pasti bergerak. Dan yang disebut bergerak adalah bergeser dari satu tempat ke tempat lain, sekecil apapun jaraknya, berubah dari suatu bentuk ke bentuk lain, sekecil apapun perubahan itu. Maka, perubahan adalah sebuah keniscayaan. Dan yang disebut perubahan seharusnya adalah sebuah proses menuju fase berikutnya yang lebih baik.

Ketika alam mengajarkan seperti itu, dan kita meminjam caranya untuk mengelola hidup kita, termasuk bisnis kita, kenapa harus takut untuk melakukan perubahan? Mungkin saja ketakutan itu timbul karena kita terlalu membesar- besarkan perubahan. Padahal bukankah perubahan adalah pertanda kehidupan.

Tags :
Konfirmasi Donasi