PROGRAM RUMAH ZAKAT BIDIK DAERAH ENDEMIK MALARIA DI BANDAR LAMPUNG

BANDAR LAMPUNG. Kamis (20/7) Kota Bandar Lampung menjadi salah satu wilayah endemic malaria di Indonesia. Di beberapa kabupaten, penyakit malaria sangat mudah ditemukan terutama di wilayah pesisir.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Zakat bersama Cita Sehat sebagai mitra dalam bidang kesehatan menggulirkan sebuah program bertajuk Sekolah Malaria. Program tersebut bertujuan untuk menurunkan angka penderita malaria di Kota Bandar Lampung.

“Program Sekolah Malaria ini telah bergulir selama 2,5 tahun di beberapa dusun salah satunya di Dusun 3, Desa Sukajaya Lempasing, Bandar Lampung. Kali ini pertemuan diikuti oleh 20 orang warga,” tutur Rahman, Public Health Cita Sehat Lampung.

Rahman menjelaskan bahwa Sekolah Malaria kali ini menjadi wadah diskusi seputar pengurangan resiko terkena penyakit malaria bagi ibu hamil dan anak-anak yang dipimpin oleh Bidan Intan. Selain itu, para relawan medis yang terdiri dari tenaga medis serta mahasiswa dari berbagai fakultas kesehatan di Bandar Lampung juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, Sekolah Malaria yang kami gelar setiap pekan sudah menunjukkan hasil yang signifikan. Penderit amalaria sangat berkurang terutama di daerah yang kita intervensi. Selain itu, perubahan yang paling terlihat adalah dari pola hidup masyarakat yang menjadi lebih sehat. Kedepannya kami berharap malaria sepenuhnya tuntas di Kota Bandar Lampung,” pungkas Rahman.

Newsroom/kuna
Bandar Lampung

 

Tags :
Konfirmasi Donasi