PROPOSISI DASAR DALAM TRANSISI

Salam.

Selama melakukan transisi, kita semua memiliki batasan waktu untuk membuktikan prestasi kita, apakah akan sukses atau gagal. Batasan waktu tersebut adalah masa kesempatan, peluang untuk memulai dari awal dan melakukan perubahan yang diperlukan organisasi dan juga masa yang rentan karena kita tidak memiliki hubungan kerja yang mantap dan belum pula memahami peran baru kita secara mendalam. Jika kita gagal membangun momentum selama masa transisi, maka kita akan menghadapi tantangan berat sejak tahap itu. Sehingga melewati transisi dengan sukses bukanlah sekedar menghindari kegagalan melainkan juga membangun keempatan untuk menyadari potensi kita secara utuh.

Lalu berapa lama batasan waktu yang wajar dari sebuah transisi? Sebuah survey yang dilakukan kepada 210 CEO (Michael Watkins, ibid, hal 23) memberitahukan bahwa perkiraan terbaik tentang waktu yang dibutuhkan manajer tingkat menengah untuk mencapai titik impas ? rata-rata mereka menjawab 6,2 bulan adalah waktu dimana mereka yang bertransisi sudah bisa memberikan kontribusi berupa value dan culture positif yang baru kepada perusahaan (titik impas).

Michael Watkins, pengarang buku Right From The Start (bersama Don Chiampa) dan 90 Days, menyampaikan proposisi-proposisi dasar yang dipercaya bisa mempercepat akselerasi dalam transisi ini.

Proposisi tersebut adalah :

1. Sebab mendasar dari kegagalan transisi selalu terletak pada interaksi yang tidak harmonis antara situasi, yang memiliki kesempatan dan perangkap, dengan individu, yang memiliki kekuatan dan kelemahan.

2. Ada metode-metode sistematis yang bisa digunakan pemimpin untuk mengurangi peluang kegagalan dan untuk mencapai titik impas lebih cepat.

3. Tujuan utama dalam sebuah transisi adalah membangun momentum dengan menciptakan lingkaran produktif yang membangun kredibilitas dan dengan menghindari keterjerembapan ke dalam lingkaran setan yang merusak kredibilitas.

4. Transisi itu penting dalam pengembangan kepemimpinan dan transisi harus dikelola dengan tepat.

5. Mengadopsi sebuah kerangka kerja standar untuk mempercepat transisi bisa memberikan imbal hasil yang besar bagi organisasi.

Mari berbicara dengan bahasa yang sama.

(disarikan dari 90 Hari, Michael Watkins)

Salam Perubahan !!!

– BRN 04120118 –

Tags :
Konfirmasi Donasi