RANUM DAN HILFA DUA RELAWAN RUMAH ZAKAT YANG SALING MELENGKAPI

LOMBOK. Ini adalah dua relawan Rumah Zakat dari Semarang Ranum Estee Putri Perdani (25) dan Hilfa Azmi Syahidah (24) selalu terlihat bersama. Ternyata, mereka memang ditugaskan sejak 18 Agustus 2018 bersama-sama menolong korban gempa Lombok dan dipasangkan dalam setiap aksinya.

Ranum dan Hilfa sendiri masing-masing merasa saling melengkapi dalam posisinya sebagai relawan. “Sebagai tim, Hilfa sebagai tenaga medis dan saya sebagai tim trauma healing”, ujar Ranum.

Selain mengurangi rasa takut pengungsi khususnya anak-anak saat berada di sekolah dan menumbuhkan kepercayaan diri, mereka juga melatih dan mengedukasi perilaku hidup sehat pasca gempa. Dua dasar keilmuan yang berbeda tersebut membuat mereka semakin melengkapi saat menjadi relawan ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami tak hanya berpartner dalam relawan, namun dalam kehidupan sehari-haripun kami sering bersama. Semua hal kami diskusikan dan komunikasikan bersama selama berkawan dan bertim khususnya pada saat bertugas”, tambah Ranum.

Hal yang sama dilontarkan pula oleh Hilfa, dia merasa perbedaan latar belakang ilmu justru makin membuat keduanya saling membutuhkan khususnya saat menangani korban bencana gempa Lombok.

“Justru perbedaan latar belakang ilmu yang membuat kita ditugaskan bersama, jadi ya kami memang sepaket”, kata Hilfa sambil tertawa.

Saat ditanya mengenai kondisi pengungsi, mereka berdua menjawab penyakit mulai menjangkit karena udara yang tidak sehat. Diare, batuk, pilek, dan penyakit kulit gatal gatal sudah mulai dirasakan warga karena minimnya persediaan air di beberapa tempat yang pernah mereka kunjungi.

Tapi meskipun kondisi di Lombok belum sepenuhnya normal, mereka berpesan supaya warga jangan takut untuk datang.

“Karena dengan kedatangan orang lain yang akan membantu atau sekedar berkunjung ke Lombok, itu menjadi penambah semangat mereka untuk segera bangkit dan menata kembali kehidupannya” ujar Ranum.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi