RELAWAN NUSANTARA RZ JATIM ASAH SKILL BASIC LIFE SUPPORT DI MALL GRAND CITY SURABAYA

relawan-nusantara-rz-jatim-asah-skill-basic-life-support-di-mallSURABAYA (20/11), Relawan Nusantara RZ Jatim yang terdiri dari Relawan dari Surabaya, Jember, dan Kediri mengikuti Basic Life Support Training di Ballrom Grand City Surabaya. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00-15.00 ini di hadiri oleh lebih dari 400 peserta, sedangkan dari Relawan Nusantara RZ Jatim mengirimkan 6 personil dari Surabaya, 2 personil dari Jember, dan 2 personil dari Kediri.

Salah satu Relawan RZ Surabaya mengatakan “Training yang berlangsung cukup lama ini memberikan banyak sekali pengetahuan baru bagi kita relawan yang memang kebanyakan dari kami mayoritas adalah relawan dengan latar belakang non medis sehingga ilmu yang diterima sangat bermanfaat sekali untuk aksi kita kedepannya.”

Pembukaan acara dibuka dengan testimoni dari seorang dokter bernama Lucky yang pernah menemukan kejadian orang yang tiba-tiba pingsan dan tidak sadarkan diri saat khutbah jum’at berbagai upaya dilakukan dan beberapa jam kemudian tidak tertolong, tetapi di kejadian yang lain sahabat Dr. Lucky menolong orang yang pingsan dan tidak sadarkan diri kemudian dilakukan airway, pijat jantung, breathing kemudian sembuh dan pulang berjalan kaki.

Pembukaan yang menarik yang menceritakan bahwa BLS sangat penting dipelajari setiap orang agar bisa menyelamatkan banyak jiwa. Kemudian dimateri selanjutnya para peserta belajar tentang pentingnya BLS dan dilanjutkan simulasi BLS. Belajar cara pijat jantung yang baik dan benar, belajar cara airway dan breathing.

Terakhir para peserta disuguhkan dengan materi yang berkaitan dengan penyebab penyempitan di jantung dan penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak baik. Bahkan penyakit jantung bisa menyerang kapan saja dan siapa saja sehingga ilmu BLS menjadi salah satu bekal awal untuk para relawan untuk berkontribusi mengurangi angka kematian dengan ilmu yang dimiliki.

Relawan RZ surabaya mengakui bahwa materi basic skill life support ini sangat cocok dan bermanfaat bagi relawan. “Semoga ilmunya bermanfaat dan bisa di sharingkan kepada sahabat relawan yang lainnya. Karena ilmu yang disampaikan pada Basic Life Support Training ini memang ilmu medis yang sangat cocok dipelajari oleh semua orang khususnya bagi kita yang ingin menjadi bagian dari orang yang mau menyelamatkan sesama manusia dari serangan jantung yang bisa datang kapan saja dan dimana saja”

Newsroom/ Andre

Tags :
Konfirmasi Donasi