RELAWAN RZ BERSIAP AKSI BANTU EVAKUASI WARGA JATIGEDE

RELAWAN RZ BERSIAP AKSI BANTU EVAKUASI WARGA JATIGEDESUMEDANG. Rabu (17/02) warga masyarakat Desa Sukamenak kecamatan Darmaraja terpaksa harus menaiki perahu yang disiapkan para relawan untuk menyeberang ke Desa Cisurat, Desa Padajaya kecamatan Wado, Sumedang. Hal ini disebabkan karena pengairan waduk Jatigede sudah mulai berlangsung sehingga merendam akses Jl. Wado Sumedang, dan memutus akses jalur utama.

Menurut informasi sebenarnya warga seharusnya sudah sejak bulan Juli 2015 dihimbau untuk meninggalkan area tersebut, namun masih ada beberapa yang bertahan. Ada beberapa relawan yang hari ini di lokasi diantaranya BPBD Kab. Sumedang, Polres Sumedang, SATBRIMOB POLDA JABAR, PMI, SATPOL PP, serta relawan RZ, BASARNAS.

Pagi ini, sejak pukul 06.00 WIB sudah bergerak untuk membantu anak sekolah, dan warga yang akan menyebrang baik yang dari kecamatan Darmaraja maupun kecamatan Wado. Hari ini ada sekitar 7 perahu yang beroperasi untuk transportasi warga sekitar, debit air hari ini mulai berkurang, namun ketinggian air masih dalam ketinggian 70 cm – 100 cm sehingga kendaraan roda dua, maupun roda empat tidak bisa melewati genangan tersebut

Menurut informasi ada beberapa kecamatan yang akan terendam waduk Jatigede, antara lain
Di kecamatan Jatigede ada lima desa yang terendam, meliputi Desa Jemah, Ciranggem, Mekarasih, Sukakersa dan Cijeungjing. Sedangkan di kecamatan Jatinunggal hanya ada dua desa, meliputi Desa Sirnasari dan Pawenang. Kemudian di Kecamatan Wado akan terdapat empat desa yang tenggelam yakni, Desa Wado, Padajaya, Cisurat, dan Sukapura.

Newsroom/Herlan Wilandari
Sumedang

Tags :
Konfirmasi Donasi