RENUNGKAN DAN BERSYUKURLAH

Oleh: Iwan Kartiwan, Lc

“Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur.“ QS Al Furqan (25:62)

Sahabat yang budiman, kita baru saja melewati tahun baru 2016, tentunya setiap perubahan yang terjadi, baik perubahan tahun, bulan bahkan detik sekalipun memilki arti tersendiri dan pelajaran berharga bagi orang yang mau berfikir, memahami dan merenungkannya, bahwa semuanya berada dalam kekuasaan dan kehendak Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya di dalam Al-quran Surat Ali Imran (3:190) “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal”.

Pada setiap pergantian waktu, khsususnya siang dan malam ada dua pesan yang Allah sampaikan melalui Rasul-Nya;

1. Sebagai pelajaran
Sahabat yang baik, andaikan kita sempat menyisihkan waktu beberapa saat untuk merenungkan dan memahami ketika malam berganti siang, maka hari yang telah kita lewati dengan segala catatan perbuatan baik ataupun yang buruk didalamnya sekaligus berkurangnya jatah usia yang Allah berikan pada kita, sungguh sebuah pelajaran berharga yang dapat kita jadikan pedoman untuk masa depan yang lebih baik, guna mengintrospeksi dan memuhasabah diri kita. Allah berfirman : “ Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertqwalah kepada Allah sesungguhnya Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan” QS. Al Hasyr (59:18).

Sayyidina Umar bin Khattab ra dalam nasihatnya beliau bertutur : “Hisablah (hitunglah) diri kalian sebelum dihisab Dan timbanglah (amal) kalian sebelum ditimbang (oleh Allah swt) “

2. Sarana Bersyukur.
Sahabat, pernahkan kita membayangkan andaikan malam tiba tapi siang tak kunjung datang, atau sebaliknya siang tidak berganti malam? Maka tentunya akan terjadi kehidupan yang kacau dan berantakan bahkan malapetaka, Allah swt berfirman : “Katakanlah (Muhammad) Bagaiamana pendapatmu jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat. Siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Apkah kamu tidak mendengar?” Katakanlah (Muhammad),” Bagaimana pendapatmu, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat. Siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu sebagai waktu istirahatmu? Apakah kamu tidak memperhatikan? “ QS. Al Qasas ( 28: 71-72).

Oleh karenanya bersyukur kepada Allah ketika ketika malam tiba dengan kenikmatan gelap dan suasana hening sebagai tempat istirahat kemudian beberapa saat kemudian Allah ganti dengan siang yang terang benderang sebagai waktu untuk beraktivitas dan berusaha, dan sebagai bukti syukur kita adalah memfungsikan anugerah Allah tersebut sesuai dengan perintah dan peruntukanya. “ Dan kami jadikan malam sebagai pakaian (menyelimuti manusia untuk beristirahat), dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan. “ QS An Naba ( 78:10-11)

Doa kesyukuran
Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepadamu, dan sesungguhnya Aku termasuk orang yang berserah diri”
Amiin Yaa Allah, Yaa Mujiibas Saailin

Sumber Foto: andalusia.or.id

Tags :
Konfirmasi Donasi