RESEP ALAMI PENGGANTI OBAT BATUK

sebelum-memberikan-obat-batuk-coba-buat-es-stik-untuk-_150126041532-198Batuk jangan hanya dipandang sebagai sarana penyebaran bibit penyakit. Sejatinya, batuk merupakan reaksi alamiah untuk membersihkan lendir hidung dari saluran pernapasan sehingga anak bisa bernapas lebih lega. Jadi, jangan buru-buru memberi obat penekan batuk kepada si kecil.

“Obat penekan batuk bisa berbahaya. Obat batuk membuat anak menjadi hiperaktif, pusing, dan sulit tidur,” ujar Catherine Tom-Revzon, Pharm D, manajer klinik farmasi anak Children’s Hospital di Montefiore, New York, seperi dilansir dari parentsindonesia.com.

Meski begitu, Anda tetap harus waspada karena hampir semua batuk bisa membuat tenggorokan anak teriritasi. Lalu bagaimana caranya agar anak tidak tersiksa karena batuk?

Siapkan pereda yang manis
Sejak dahulu madu dikenal sebagai obat alami untuk meredakan batuk dan membantu anak yang sedang sakit agar bisa tidur lebih nyenyak. Madu aman bagi anak berusia 1 tahun ke atas, dan anak-anak juga senang mengonsumsinya karena rasanya yang manis.

Selain itu, madu hitam, seperti Buckwheat, juga memiliki efek manjur karena mengandung antioksidan yang lebih tinggi. Berikan setengah sendok teh pada anak berusia 1-5 tahun dan satu sendok teh untuk anak berusia 6-11 tahun.

Namun, jangan memberikan madu pada bayi di bawah usia 1 tahun, karena bakteri yang terkandung di dalam madu bisa menyebabkan keracunan.

Sajikan sup
Semangkuk sup ayam hangat sangat dianjurkan untuk memulihkan kondisi tubuh si kecil. Sup ayam memiliki kandungan antiperadangan

Cairan pendorong
Cairan hangat atau sangat dingin bisa mengencerkan lendir di hidung, sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu, asupan cairan yang cukup juga meringankan keluhan sakit ternggorokan dan membuat anak tidak kekurangan cairan. Suruhlah anak minum air dingin, jus dingin atau hangat, atau teh tanpa kafein yang dicampur madu.

Tawarkan sesuatu untuk diisap
Untuk mengatasi tenggorokan yang gatal, berikanlah si kecil sesuatu yang bisa diisap. Anak-anak berusia 4 tahun ke atas sudah bisa mengisap obat sakit tenggorokan atau obat batuk tablet, permen keras non gula, atau bahkan buah berry beku.

Es batangan atau es batu juga bisa menjadi pilihan bagus untuk anak kecil yang tenggorokannya gatal.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi