RESOLUSI TERBAIK SAMBUT 2018

Resolusi tahun baru yang paling umum cenderung mengenai tujuan hidup seperti menurunkan berat badan, makan makanan yang lebih sehat atau berolahraga lebih banyak. Tetapi kebanyakan orang tidak berhasil menindaklanjuti resolusi mereka karena sangat umum dan tidak spesifik.

Di situlah sains bisa membantu karena dengan resolusi berbasis sains yang spesifik, Anda dapat meningkatkan peluang mengubah hidup di tahun baru. Ini beberapa ide resolusi favorit, semuanya didukung oleh sains baru-baru ini, seperti yang dikutip dari Science Alert.

Ada yang harus dilakukan dengan diet, produktivas, dan ada pula yang dirancang untuk membantu Anda memaksimalkan kebahagiaan.

1. Untuk membantu menurunkan berat badan, makanlah makanan yang lebih sehat dan merasa lebih baik, serta perbaiki kebiasaan tidur.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa cukup tidur membuat lebih mudah untuk menghindari makanan tidak sehat, menjaga diridari berat badan berlebih, dan kunci kesehatan psikologis. Untuk memperbaiki kebiasaan tidur, para ahli menyarankan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap malam, memperbaiki lingkungan tidur, dan hindari layar setidaknya setengah jam sebelum tidur.

2. Sering bergerak

Olahraga tidak hanya memperbaiki kesehatan jantung, meningkatkan dorongan seksual, sambil memperbaiki mood dan kebiasaan tidur, tetapi penelitian baru menunjukkan olahraga membantu otak tetap optimal, meningkatkan daya ingat, dan melawan gangguan kognitif. Caranya mulailah dari mencari tahu resolusi latihan yang baik untuk Anda.

3. Jika sesuai jadwal, buatlah latihan kardio pada pagi hari sebagai kebiasaan baru

Latihan pagi bukan untuk semua orang, tapi para ahli mengatakan olahraga pagi-pagi baik untuk jantung dan mendapatkan sinar matahari pagi. Menurut penelitian baru-baru ini menunjukkan pagi adalah waktu terbaik untuk berolahraga dan menurunkan berat badan.

Untuk memberikan motivasi, para ahli menyarankan memilih olahraga yang memiliki tujuan nyata seperti balapan, berlatih dengan seorang teman dan membuatnya menjadi kompetitif.

4. Resolusi latihan terbaik adalah sesuatu yang bisa terus dilakukan

Pakar merekomendasikan menemukan aktivitas yang Anda sukai untuk menjadikannya bagian dari hidup. Beberapa orang memilih panjat tebing, berlari, atau berenang. Bila perlu, bergabunglah dengan klub sepak bola. Elemen tim dan kompetisi akan membuat Anda bertahan dengan latihan.

5. Jika mencoba makanan untuk Tahun Baru, pilih makanan sehat

Cobalah kurangi mengonsumsi gula. Konsumsi gula lebih kuat terkait dengan penyakit jantung dan risiko kematian secara keseluruhan. Jika menginginkan diet, kurangi kadar natrium, makanan bergula, dan daging merah ke biji-bijian dan protein tanpa lemak.

6. Cara lain untuk meningkatkan kesehatan adalah tetapkan apa yang Anda minum

Resolusi sehat adalah mengurangi atau menghilangkan soda atau minuman manis dari makanan Anda. Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, hindari alkohol. Alkohol dikaitkan dengan risiko diabetes, penurunan kognitif yang lebih rendah dan risiko kanker.

7. Jika ingin lebih produktif, banyak istirahat dan kurangi bekerja

Psikolog K. Anders Ericsson mengatakan sebagian besar manusia hanya bisa melakukan pekerjaan berat selama empat atau lima jam setiap kalinya, bukan delapan, sepuluh, ataupun 12 jam. Ketika energi habis, Anda harus bangun dan berjalan-jalan atau melakukan sesuatu yang lain untuk benar-benar memberi istirahat pada pikiran. Dalam jangka panjang, jika memungkinkan anda lebih baik mengatur diri untuk bekerja lebih sedikit setiap jam setiap pekan.

8. Jika Anda ingin memperbaiki diri, putuskan untuk mulai membaca secara teratur

Bukti psikologis mengatakan membaca bukufiksi sastra dapat mempermudah berempati dengan orang lain atau membayangkankehidupan lain di dunia. Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Warren Buffet seringkali menghubungkan kesuksesan mereka dengan kebiasaan membaca buku.

Pilihlah satu buku selama sebulan atau satu pekan. Pilih juga tema buku yang anda sukai. Anda juga bisa bergabung dengan klub buku menambah motivasi juga berbincang-bincang dengan teman-teman.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi