RONA NUSANTARA : EKSPLORASI KEINDAHAN GOA LALAY DAN PANTAI SAWARNA

BANTEN. Program Rona Nusantara yang diinisiasi oleh Rumah Zakat, saat ini sudah memasuki angkatan ke-7. Di hari kedua, Minggu (26/11) para
peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia diajak untuk traveling mengeksporasi keindahan alam Indonesia ke Goa Lalay dan Pantai Tanjung Layar, Sawarna, Banten.

Sekitar pukul 08.30 WIB, para peserta bersiap-siap untuk pergi mengunjungi Goa Lalay yang terletak di Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Saat pertama tiba di Goa Lalay, para peserta disambut dengan keindahan alam yang alami dengan adanya Stalaktit dan stalakmit.

Stalaktit adalah batu yang terbentuk di atap gua, bentuknya meruncing ke bawah, sedangkan stalakmit adalah batu yang terbentuk di dasar gua, bentuknya meruncing ke atas.

Keindahan Goa Lalay merupakan salah satu destinasi wisata yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Untuk memasuki Goa Lalay, para pengunjung cukup membayar Rp5.000 saja.

“Meskipun harus hujan-hujanan sampai ke Goa ini, tapi kita happy karena bisa memasuki Goa Lalay ini. Gelap sih, tapi ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya,” ungkap Andre, salah satu peserta Rona Nusantara angkatan ke-7.

Setelah menelusuri keindahan Goa Lalay, para peserta langsung diajak untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Layar atau yang sering disebut Pantai Sawarna. Pantai tersebut merupakan salah satu penggerak ekonomi bagi warga Kampung Leles.

Sesampainya di Pantai, para perona beristirahat sejenak untuk menikmati makan siang sambil menikmati keindahan Pantai Sawarna.

Berdasarkan dari peta, Pantai Sawarna menghadap langsung ke Samudera Hindia, karena itulah yang menjadikan Pantai Sawarna memiliki ombak yang besar dengan arus yang kuat. Meskipun letak Pantai Sawarna terpencil dan sulit sulit dijangkau, tapi banyak wisatawan, baik dari lokal maupun asing yang mengunjungi pantai ini karena memiliki pemandangan indah dengan hamparan pasir putih. Di Pantai Sawarna juga terdapat dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang mengembang.

“Alhamdulillah acara Rona Nusantara diakhiri dengan lokasi wisata yang indah. Di hari pertama kita berbagi dengan anak-anak di SDN 2 Sawarna dan warga sekitar. Dan sekarang kita mulai diajak traveling mengeksplor keindahan alam Indonesia. Terima kasih kakak-kakak panitia,” ujar Indah peserta asal dari Bandung.

Newsroom/ Dia Ekawati
Banten

Tags :
Konfirmasi Donasi