RUMAH BACA CEMERLANG DI DESA BERDAYA GANDRUNGMANGU

CILACAP (23/11). Desa Berdaya Gandrungmangu yang berada di Kab. Cilacap Jawa Tengah memiliki Rumah Baca yang di dirikan oleh Fasilitator Rumah Zakat. Bertempat di Rumah fasilitator Desa Berdaya Ida Ratna Melakukan Louncing Rumah Baca Cemerlang.

Program Rumah Baca Cemerlang diharapkan dapat menjadi sarana Pendidikan taambahan secara non formal setelah sekolah. Rumah Baca ini dapat menjadi wadah berkumpulnya anak-anak usia Paud sampai denan Sekolah Dasar untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.

“Dengan adanya Rumah Baca Cemerlang ini, membuka kesempatan serta memberikan fasilitas kepada anak-anak Desa Berdaya untuk membiasakan budaya membaca yang akhir-akhir ini mulai tinggalkan. Seiring berjalannya teknologi modern minat membaca menjadi sedikit sulit untuk dibiasakan,” Ujar Ida Ratna, Fasilitator Desa Berdaya

Adanya Rumah Baca juga diharapkan akan menjadi salah satu alternatif pusat kegiatan yang positif untuk warga sekitar karena dimasa depan generasi anak-anak usia inilah yang akan menjadi generasi penerus perjuangan untuk bangsa dan agama.

Kegiatan diikuti oleh 19 anak-anak usia Paud-SD. Diawali dengan pembukaan, selanjutnya sosialisasi dilakukan mencakup penjelasan singkat tentang tujuan dan manfaat di adakannya rumah baca. Acara yang paling ditunggu adalah materi bercerita dari Kak Jamaal tentang hari kelahiran nabi Muhammad SAW. Setelah mengikuti serangkauan materi, anak-anak diberikan kesempatan untuk membuka dan membaca koleksi buku-buku yang disediakan dirumah baca ini. Pada momen penutupan dibuat kesepakatan kegiatan rutin akan dilaksanakan setiap pekan.

Anak-anak yang ingin meminjam buku, dibuatkan kartu pinjam agar anak-anak bisa membawa pulang dan pekan depan bisa dikembalikan. Begitu seterusnya agar buku buku yang ada bermanfaat smua. Sebelum pulang, kegiatan ini di akhiri dengan membaca doa dan pembagian bingkisan. Semoga menjadi motivasi agar terus semangat dalam membudayakan membaca.

Newsroom
Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Konfirmasi Donasi