RUMAH ZAKAT AJAK ANAK ASUH SUKSESKAN GERAKAN MENANAM 1 MILIAR POHON

BANDA ACEH. Bagaimana cara manusia memperlakukan alam, maka begitulah cara alam akan memperlakukannya juga. Sebab apa yang ditanam, itu yang akan dituainya. Berbagai bencana yang menimpa umat manusia, seperti banjir yang belakangan ini merendam kota besar seperti Jakarta,  Bandung dan Tangse beberapa bulan lalu tak bisa dilepaskan dari perlakuan manusia terhadap alam. Karena itu perlu kearifan dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Untuk menanamkan rasa cinta lingkungan sejak dini dan menyukseskan Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon tahun 2012, Rumah Zakat menyelenggarakan Kemah Juara 2012 dengan mengangkat tema “Berbagi Hijau untuk Indonesia”. Sebanyak 8.000 anak asuh dari Aceh hingga Papua akan berpartisipasi dalam acara yang digelar serentak di 30 kota ini. Untuk di Aceh bertampat di Jl. T. Muhammad Hasan – Batoh acara dipusatkan di halaman Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan, Minggu (23/12).

Acara dibuka oleh Gubernur Aceh yang diwakili oleh Assisten Administrasi Umum, Setda Aceh Muzakkar, SH. M.Si sekaligus memberikan secara simbolis pohon tanjung dan mahoni untuk anak asuh Rumah Zakat cabang Aceh. Selain Muzakkar, turut hadir Pegawai Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh, Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan, Camat Darul Imarah serta komunitas lingkungan hidup. 

Dukungan yang sangat penuh dari Pemerintah Aceh tentang penghijauan. “Pemerintah Aceh sangat mendukung kegiatan yang  diselenggarkan Rumah Zakat Aceh dengan tema berbagi hijau, hal ini untuk mengajarkan kepada anak-anak kita akan pentingnya penghijauan,” ujar Muzakkar.

Kemah Juara 2012 didesain dengan metode pembelajaran kontekstual. Dalam acara ini anak asuh Rumah Zakat diajak untuk belajar mencintai alam dengan cara berkontribusi langsung dalam proses pemeliharaan atau konservasinya. “Dengan edukasi interaktif diharapkan dapat membuat kegiatan belajar bersama di alam ini menjadi lebih menyenangkan,” kata Kepala cabang Rumah Zakat, Riadhi.

Ketua Panitia Kemah Juara 2012 Muharrahman BS, menjelaskan, dalam acara ini anak asuh akan diajak untuk mengenal alam & lingkungan (Go Green Education), mengikuti aneka permainan yang dirangkum dalam Kompetisi Hijau (Green Competition), dan berkontribusi langsung dalam Berbagi Hijau untuk Indonesia dengan menanam 8.000 pohon serentak secara nasional untuk membantu pemerintah merealisasikan Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon. Di Aceh sebanyak 200 pohon akan di tanam disepanjang jalan T. Muhammad Hasan, Batoh. Dengan melibatkan 125 anak binaan Rumah Zakat Aceh

Selain itu acara juga akan diisi dengan berbagai penampilan dan kompetisi hijau, berupa permainan yang mengajak anak asuh untuk cinta lingkungan. Sebagai bukti komitmen mereka untuk menjaga lingkungan, anak asuh akan juga akan membacakan Deklarasi Anak Juara Cinta Lingkungan. “Berbagai kegiatan edukasi kepada anak-anak asuh akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan diharapkan dapat menambah kesadaran mereka untuk lebih peduli pada lingkungan,” ungkap Riadhi.

Kemah Juara merupakan rangkaian program BIG Smile Indonesia yang diusung oleh Rumah Zakat bersama para donatur dan mitra. Kemah Juara tahun ini adalah  yang kedelapan kalinya diselenggarakan oleh Rumah Zakat Aceh. Program ini memiliki misi untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tak mampu untuk berlibur dengan cara yang menyenangkan sekaligus mengedukasi.***

Newsroom/Riadhi
Banda Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi