RUMAH ZAKAT AKTIF MEMBANTU MUALAF DI PALALANGON CIANJUR

Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Mualaf merupakan salah satu asnaf yang berhak mendapatkan penyaluran zakat. Mualaf adalah istilah bagi orang yang baru masuk Islam. Pada Surah At-Taubah Ayat 60 disebutkan bahwa para mualaf termasuk orang-orang yang berhak menerima zakat. jumlah Mualaf di Ciranjang Cianjur sejak tahun 2000 mencapai hampir 300 orang. Pada saat ini Rumah Zakat membina sekitar 35 orang dalam program pemberdayaan ekonomi berupa pemberia modal usaha, Pemberiam sarana usaha, pelatihan dan lain-lain. Salah satu contoh mualaf yang mendapat bantuan dari Rumah Zakat adalah pasangan Ibu yayah dan Bapak iyan Suparyan. Keluarga ini kembali ke Islam sekitar tahun 2012. Keadaan keluarga ini memang memerlukan perhatian kita dalam hal financial.

Bapak Iyan dulu bekerja sebagai mandor di galian pasir sudah sekian lama menganggur satu-satunya penghasilan keluarga ini adalah dari jasa pencucian mobil tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarganya dimana keempat cucunya menjadi tanggungan karena orang tuanya bekerja jauh di luar Ciranjang.

Pasangan mualaf ini telah mendapat bantuan 3 kali dari Rumah Zakat yang pertama dan kedua berupa modal usaha untuk pencucian mobil, alhamdulillah dari bantuan tersebut dapat membeli mesin steam untuk cuci mobil dan memperbaiki tempat usaha.

Pada kali ini pasangan ini kembali mendapat bantuan dari Rumah Zakat untuk menambah usaha sampingan diluar pencucian mobil yaitu usaha bubur ayam dan bubur kacang ijo. Alhamdulillah walaupun Bapak Iyani tidak bekerja lagi, kebutuhan sehari hari dapat terpenuhi. ” saya tidak akan cari kerja lagi yang lain, saya mau menekuni usaha ini, sekarang kan merintis perlu beberapa waktu yang tidak aebentar untuk maju” ujar beliau ketika ditemui.

Sumber: Teropongcianjur.com

Tags :
Konfirmasi Donasi